Perspektif Bumi 2020 Dalam Seni Digital 

Tepat lima dekade hari bumi diperingati di seluruh dunia pada tahun 2020 ini. Sebagai bentuk perayaannya salah satu seniman dunia, Olafur Eliasson membuat karya seni terbaru yang menarik perhatian tentang keadaan darurat iklim dunia.

Eliasson selama ini dikenal dengan keahlian memahat dan membuat aneka instalasi berskala besar, namun kali ini ia keluar dari kebiasaannya dengan menghasilkan sembilan gambar ilusi tentang bumi yang menantang persepsi para penyuka seni dan masyarakat umum tentang hubungan mereka dengan planet ini.

Karya seni berjudul ‘Perspektif Bumi’ itu menampilkan peta yang menunjukkan Sungai Gangga di India, Yakutia di Siberia-Rusia, Great Barrier Reef di Australia, Chernobyl di Pripyat-Ukraina, Pegunungan Simien di Ethiopia dan lokasi lain di seluruh dunia.

Ketika Anda menatap titik di tengah setiap gambar karya Eliasson selama 10 detik dan kemudian mengalihkan fokus mata Anda ke permukaan kosong, maka akan melihat makna lain yang divisualkan dengan warna berbeda dari gambar digital itu.

Sang artis ingin kita meluangkan waktu untuk berempati dengan semua yang terkena krisis. Dan juga menggunakan kesempatan ini untuk membayangkan bersama tentang keindahan bumi yang ingin kita huni di masa depan.

“Ia menambahkan bahwa perspektif bumi sederhana ini memungkinkan orang melihat dunia dari sudut pandang lain, dan dapat menginspirasi hubungan antar komponen ekosistem ada di sekitar,” tutup Olafur Eliasson.