Pertamina  Lepas Perdana Kapal FSRU Jawa-1

Pertamina melepas perdana kapal FSRU Jawa Satu ke permukaan air laut di galangan kapal Samsung Heavy Industries (SHI) di Geoje-si, Busan, Korea Selatan, pada akhir pekan kemarin. Pelepasan kapal itu menandakan proses konstruksi kapal FSRU tersebut telah mencapai 62,5 persen .

Kapal FSRU ini akan menjadi fasilitas pendukung utama PLTGU Jawa Satu. Pembangunan kapal FSRU direncanakan selesai pada November 2020 dan akan memasuki perairan Indonesia pada pertengahan Januari 2021.

FSRU Jawa Satu akan ditambatkan di lepas pantai Cilamaya, Provinsi Jawa Barat, sekitar 21 km dari lokasi PLTGU atau 14 km dari tepi pantai. “Kapal akan berada di lepas pantai Cilamaya selama 20 tahun operasi secara terus menerus,” ujar Dharmawan H Samsu selaku Direktur Hulu Pertamina.

Dengan capaian ini, lanjut Dharmawan, Pertamina berharap SHI dapat menyelesaikan pembangunan kapal FSRU Jawa Satu dengan tepat waktu, tepat kualitas, tepat anggaran dan sesuai persyaratan dan dapat beroperasi sesuai kontrak power purchase agreement (PPA) dengan PT PLN (Persero) pada bulan Desember 2021.
sumber: pertamina.com