Pesona Modifikasi X-Max Sport Touring

Berada dalam jajaran top of the line big matic Yamaha, tentu tak sulit membuat Yamaha X-Max tampil lebih sporty dan mempesona. Namun diperlukan trik khusus agar modifikasinya sesuai dengan peruntukkannya sebagai motor touring. Seperti yang dilakukan oleh Onay, pemilik big matic berkelir  kuning yang membawa X-Max miliknya ke FAT Motorsport dengan Iwan sebagai punggawanya.

Spesialis workshop Yamaha yang terletak di Jl. Pahlawan Revolusi ini memulai dress-up pada bagian eksterior dengan melabur warna kesukaan Onay, yaitu kuning dengan kombinasi striping berwarna hitam serta velg warna gold. Beberapa bagian juga dilapisi dengan bahan serat karbon menambah kesan sporty.

Performa mesin 250 cc standar masih dirasa cukup bagi Onay, sehingga bagian ini hanya dimodif sedikit pada gear ratio, bearing seater dan up grade CVT saja. Ubahan juga dilakukan pada sistem pengereman yang semakin pakem setelah merujuk brand Brembo RCS untuk master rem, kaliper 4 pot untuk roda depan dan belakang 2 pot untuk menjepit disc brake lansiran TDR. Sementara selang rem mengandalkan model braided dari Hel.

Tak ketinggalan suspensi belakang juga di adjust ulang agar terasa semakin nyaman ketika digunakan riding bareng komunitas. Untuk bagian ini pilihan jatuh pada sokbreker produk Ohlins. Kenyamanan semakin terjaga setelah bagian jok ikut didesain ulang menggunakan desain model Eropa. Bagian busa dibentuk ulang dengan menambahkan sandaran bokong.

Bahan pelapis jok menggunakan produk MBtech Premium – Carrera berwarna Black (MBPC 1001) yang dikombinasikan dengan varian bahan bertekstur karbon dari MBtech Riders warna Black (MBRC 2301) dan sedikit warnaWhite (MBRC 2303) sebagai aksen. Motif jahitan double stitch dengan benang putih mengikat kedua varian produk MBtech di atas dengan sempurna.

Untuk membuat X-Max sesuai dengan keiniginannya ini, konon Onay sudah merogoh kocek Rp 50 jutaan. Namun itu semua dirasa sepadan dengan tampilan big matic yang kini terlihat lebih kekar dan siap melahap jalur menantang saat touring.