Pilih Sepeda Lipat Ban 16 atau 20?

Saat mau membeli sepeda lipat seringkali kita dibuat bingung untuk menentukan pilihan, khususnya pada pemilihan ukuran ban. Ada dua pilihan yang paling umum pada sepeda lipat yakni ukuran 16 inci dan 20 inci.

Saat dihadapkan untuk memilih, mungkin ada yang bilang kalau ban 16 lebih ringkas dibanding ban 20. Tapi sebenarnya ada beberapa pertimbangan lain. Misalnya dari harga, ban 16 lebih mahal ketimbang ban 20, hal ini dikarenakan kelangkaan unit dan tren ban 16 yang cukup diminati. Tapi akhir-akhir ini, ukuran 20 pun cukup menjadi barang buruan dan membuat harganya juga naik.

Tren pengguna sepeda lipat memang sedang naik daun di Indonesia. Beberapa brand dan jenis sepeda lipat malah sampai ada yang berjuluk sepeda ‘ghoib’. Kenapa? Karena memang susah untuk mendapatkan barangnya. Walaupun ada, harganya tidak masuk akal, bisa meningkat 100 persen. Misalnya, seperti sepeda Element Troy yang sempat menjadi buruan para goweser, karena memiliki bentuk dan tampilan frame seperti Fnhon Gust sepeda ini sempat sulit dicari dan harganya meroket.

Berbeda dengan ukuran ban 20. Ketersediaan unitnya cukup melimpah di pasaran. Walaupun begitu, saat ini harga juga tetap meningkat karena banyaknya permintaan. Meski kalah pamor dengan ukuran 16, keuntungan menggunakan seli ukuran 20 adalah kemudahan dalam upgrade. Spare part dan komponen yang bisa diupgrade lebih unggul dibanding ukuran 16.

Nah, selain keringkasan dan harga, akselerasi juga berbeda antara dua ukuran ini. Ukuran ban 20 lebih kencang dibanding ban 16. Namun, akselerasi juga dipengaruhi oleh beberapa faktor ya, misalnya penggunaan hub dan free hub yang bagus. Tapi balik lagi, pilih ban 16 atau ban 20 disesuaikan dengan kebutuhan ya. Bagaimana nih menurut Anda? Ayo beri komentar dan argumen Anda tentang sepeda lipat ukuran 16 atau 20?