Porsche Cayenne Coupe Generasi 3, Desain Atletis

Manufaktur kendaraan sport Jerman, Porsche, menghadirkan generasi ketiga Cayenne Coupe dengan desain baru yang terlihat lebih atletis ketimbang dua model sebelumnya.

“Coupe mencakup semua hal teknis penting dari Cayenne saat ini, tetapi memiliki desain yang lebih dinamis dan detail teknis baru yang menempatkannya menjadi lebih progresif, atletis, dan emosional,” kata Ketua Dewan Eksekutif Porsche, Oliver Blume, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/3).

Beberapa keunggulan yang ditawarkan Cayenne Coupe terbaru antara lain garis desain yang kian tajam dengan sejumlah pembaruan pada bagian belakang, misalnya spoiler adaptif, dua kursi belakang baru serta dua konsep atap yang berbeda, panoramik dan karbon.

“Garis atap yang jauh lebih curam ke belakang membuat Cayenne Coupe tampil lebih dinamis, dan memposisikannya sebagai model paling sporty di segmen ini,” kata Wakil Presiden Model Porsche Michael Mauer.

Porsche Cayenne Coupe generasi ketiga (ANTARA News/Porsche Media)

Jika dipandang dari samping, mobil ini menonjolkan kesan atletis berkat penempatan spoiler atap dan posisi kaca depan pada pilar A yang lebih pendek 20 milimeter dari model sebelumnya.

Pintu belakang dan spatbor juga dirancang ulang sehingga lebih lebar 18 milimeter. Meski terkesan “gemuk”, namun hal itu untuk menonjolkan sebuah mobil yang berotot.

Urusan dapur pacu, Cayenne Coupe tipe biasa menggunakan mesin enam silinder turbocharged 3.000cc yang menghasilkan tenaga 250 kW (340 PS) dengan konsumsi bahan bakar 9,4L/100km.

Dengan mesin itu, Cayenne dapat melesat dari 0 hingga 100km hanya dalam 6 detik, dengan kecepatan maksimal 243 km/jam.

Sedangkan Cayenne Coupe tipe Turbo sudah menggunakan mesin V8 dengan twin-turbo yang menghadirkan tenaga jauh lebih besar yakni 404 kW (550 PS) dengan konsumsi bahan bakar 11,4L/100 km.

Tipe turbo hanya membutuhkan 3,9 detik untuk berakselerasi dari 0 sampai 100km dengan kecepatan puncak 286 km/jam.

Cayenne coupe Turbo dijual 131.350 dolar AS (Rp1,87 miliar), sedangkan tipe biasa dijual mulai 76.550 dolar AS (Rp1,1 miliar).

copyright © antara 2018