Porsche Terapkan Teknologi Cetak 3D Untuk Jok Bucket

Porsche mengeluarkan sebuah terobosan revolusioner di sektor jok sport. Pabrikan mobil sport legendaris dunia ini memperkenalkan komponen jok dari teknologi print 3D (tiga dimensi) untuk jok bucket mobil Porsche.

Hasil dari teknologi cetak 3D yang telah dikerjakan oleh Porsche adalah bantalan jok berbahan polipropilen (EPP). Konsumen Porsche dapat memesan ketebalan yang berpengaruh kenyamanan saat duduk di jok bucket. Mereka bisa memilih level soft, medium dan hard. Bahkan bantalan itu bisa disesuaikan dengan kontur tubuh sang pemilik mobil.

Teknologi 3D ini kelak akan digunakan pada varian Porsche massal pertama kalinya. Sementara Porsche menjadikan para pembalap Porsche sebagai bahan percobaan. Biasanya mereka menginginkan ergonomi tubuh ideal saat duduk di jok bucket mereka.

Sedangkan material luar dari bodi jok bucket konsep ini terbuat dari bahan Racetex dan juga dihadirkan detail penunjang pada jok yang juga dibuat dari 3D printing. Porsche Tequipment akan membuat jok bucket berteknologi baru ini untuk varian Porsche 911 dan 718.

Jok 3D printed ini tersedia mulai awal Mei 2020 mendatang dan diproduksi terbatas sebanyak 40 jok. Prototipe jok bucket itu akan diujicoba pada mobil balap Porsche yang turun balap di seri Eropa. Diharapkan hasil jok berteknologi baru ini dapat dijadikan bahan evaluasi dan kelak akan diproduksi masal untuk mobil jalan raya yang dipasarkan oleh Porsche.