Proton Genjot Volume Ekspor di 2020

Volume penjualan mobil Proton pada 2019 secara global mengalami kenaikan 55,7 persen dengan jumlah unit terjual sebesar 100.821 unit. Menjadi yang terbesar membuat Proton merencanakan angka penjualan lebih besar di 2020. Selain di dalam pasar otomotif Malaysia, Proton juga berambisi mengekspor mobil ke wilayah ASEAN.

Selain menjadi yang terbesar di negara asal, Proton ingin bercokol di tiga besar klasemen pabrikan mobil dengan penjualan terbesar di region ASEAN pada tahun 2028.

“Dengan ekspor kami dapat menaikkan penjualan tahunan Proton. Ini terjadi ketika kami merilis model baru, Proton  Iriz, Persona, Exora and Saga pada 2019 lalu, ketiga model andalan kami itulah yang sekarang dilempar ke pasar luar negeri seperti di Brunei,” ujar Dr Li Chunrong, Chief Executive Officer Proton.

Apalagi dengan dilakukan investasi tambahan sebesar Rp 4 triliun di pabrik Proton yang berada di Tanjung Malim, Malaysia maka Proton dapat menggenjot penjualan Proton X70. SUV canggih ini juga diharapkan menjadi ujung tombak ekspor dari Proton.