Qatar Ungkap Keinginan Selenggarakan Olimpiade 2032

Melalui Komite Olimpiade Teluk Arab, Qatar menyampaikan keinginannya untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade 2032 dan akan menjajaki proses pembicaraan dengan pihak terkait. Qatar akan bersaing dengan negara yang sudah mengajukan diri lebih awal seperti Australia, India, Indonesia dan Jerman.

Negara yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 tersebut, telah mengajukan permintaannya ini kepada Komite Olimpiade International (IOC). Sebelumnya Qatar pernah menyelenggarkaan kejuaraan atletik dunia dan berhasil menampik anggapan dalam dunia olahraga, jika iklim gurun serta suhu panas di kawasan Arab dapat mempengaruhi.

Penyelenggaraan Olimpiade belum pernah diadakan di Timur Tengah dan Qatar akan menjadi negara pertama di wilayah tersebut sebagai tuan rumah penyelenggaraan sepak bola terbesar di dunia. Untuk keinginannya tersebut, Qatar telah menginvestasikan dana yang sangat besar dalam mempersiapkan ajang tersebut.

Qatar sebelumnya gagal mengajukan penawaran sebagai tuan rumah Olimpiade pada tahun 2016 dan 2020. Namun demikian IOC masih tetap akan mempelajari dan melihat apakah penyelenggaraan Olimpiade akan tepat diadakan di Qatar.

Source : Timesnownews