Rata-rata Gaji Pemain Barcelona, Rp540,8 Juta Perhari!

Klub sepak bola Barcelona asal Spanyol mencatat sejarah sebagai klub pertama di dunia yang mampu menggaji pemain mereka dengan jumlah fantastis, rata-rata diatas 10 juta poundsterling (Rp186,3 miliar) pertahun.

Menurut Global Sport Salary Survey (GSS) yang dikutip theguardian.com, Senin, musim kompetisi tahun ini, klub papan atas Spanyol tersebut menggelontorkan rata-rata 10,45 juta pound (Rp194,699 miliar) untuk masing-masing 23 anggota pemain.

Jika dibagi rata, berarti setiap pemain Barcelona menerima gaji sebesar Rp16,2 miliar sebulan, atau Rp540,8 juta perhari.

Jumlah tersebut belum termasuk bonus dan angka tersebut meningkat sebanyak sepertiga dari jumlah yang dibayar klub pada musim 2017-2018.

Dari seluruh pemain, adalah Lionel Messi yang menerima gaji terbesar, yaitu diatas 50 juta pound pertahun, disusul dengan pemain bergaji besar lainnnya yang membuat pengeluaran klub semakin membengkak, yaitu Phillippe Coutinho, Arthur, Malcom, Arturo Vidal, Gerard Piqué, Sergi Roberto, Samuel Umtiti dan Sergio Busquets.

Real Madrid menempati peringkat kedua dari survei GSS, yang dipilih dari 349 klub olahraga di seluruh dunia untuk delapan cabang. Rata-rata pemain Real Madrid bergaji 8,1 juta pound setahun.

Klub peringkat teratas lainnya dengan gaji pemain tertinggi diisi oleh klub basket NBA, yaitu Oklamahoma Thunder di peringkat ketiga (7,85 juta pound) dan Golden State Warrior di peringkat keempat (7,82 juta pound).

Manchester United (£6.53 juta), menempati peringkat teratas di Inggris atau peringkat kesepuluh dalam survei GSS, setingkat dibawah Juventus yang melonjak ke dari urutan 32 setelah merekrut Cristiano Ronaldo dari Manchester United.

Klub Inggris lainnya, Manchester City (£5.93 juta) berada di peringkat ke-20, disusul Chelsea, Arsenal dan Liverpool yang masuk dalam deretan 40 besar.

Hasil survei yang dirilis situs Sporting Intelligence, Senin, juga mengungkapkan bahwa klub Liga Utama Inggris tetap menjadi liga sepak bola terkaya di seluruh dunia dengan rata-rata pemain bergaji 2,99 juta pound perbulan atau rata-rata 55,714 juta pound perminggu.

Angka tersebut 36 persen lebih tinggi dari pesaing terdekat, yaitu La Liga (2,2 juta) dan Seri A Italia (1,5 juta pound).

Omar Chaudhuri, kepala tim survei mengatakan bahwa klub Inggris memang dikenal paling royal dalam menggaji pemain.

Sebagai contoh, klub West Ham United akan membayar pemain pemain klub setingkat Girona di La Liga dengan kemampuan dan ketrampilan sama. West Ham menggaji pemain dengan rata-rata 3,2 juta pound perbulan, sementara Girona hanya 700.000 pound.

“Dengan kata lain, klub Inggris membayar pemain dengan jumlah empat kali lebih besar meski pemain tersebut mempunyai kemampuan sama,” kata Chaudhuri.

copyright © antara 2018