Realita Noraknya Menjadi Orang Kaya Baru

Mendadak kaya raya, mungkin impian banyak orang yang tidak mampu. Lalu apa yang mereka lakukan setelah mendapat uang berlimpah? Inilah yang digambarkan dalam film “Orang Kaya Baru”.

“Orang Kaya Baru” disutradarai oleh Ody C Harahap dan skenarionya ditulis oleh Joko Anwar. Ide cerita ini merupakan khayalan Joko semasa kecil yang ingin jadi orang kaya. Kenyataannya, hampir semua orang Indonesia yang tidak mampu memang menginginkan hal tersebut.

Film ini bercerita tentang kakak beradik Tika (Raline Shah), Duta (Derby Romero) dan Dodi (Fatih Unru) yang sudah terbiasa hidup pas-pasan. Mereka terlatih untuk mendapatkan sesuatu dengan susah payah dan mensyukuri apa yang mereka punya walau serba kekurangan.

Keluarga mereka sangat hangat. Hubungan antara anak dan orangtua (Cut Mini dan Lukman Sardi) juga begitu dekat. Hal ini diperlihatkan dalam ritual makan malam bersama dan saling bercerita tentang apa yang terjadi hari itu.

Tiba-tiba saja sang bapak meninggal dan yang membuat kaget adalah ternyata selama ini ia hanya pura-pura miskin dan meninggalkan banyak harta warisan. Otomatis mereka menjadi orang kaya baru.

Film ini menggambarkan bagaimana noraknya seseorang ketika mendadak kaya. Mereka bisa membeli apapun yang mereka inginkan, baik yang penting atau tidak. Misalnya saja ketika Cut Mini membeli berbagai perhiasan emas dan memakainya sekaligus. Hal seperti ini pasti sering terlihat di lingkungan sekitar kita.

Begitu juga dengan Raline, Derby dan Fatih yang membeli tiga mobil mewah namun tak satu pun di antara mereka yang bisa mengendarainya. Ketika uang sudah di tangan, mereka cenderung menganggap enteng semua masalah dan terlena dengan euforia “mandi uang”.

Kalau Anda biasa melihat Raline dengan dandanan yang glamor, di sini ia dibuat seperti orang yang tidak punya. Bahkan untuk mendalaminya, Raline benar-benar melakukan observasi dengan makan di warung dan naik bus kota. Itu adalah pengalaman yang tidak pernah dirasakan olehnya. Hasilnya, ia cukup menjiwai peran tersebut.

Tak hanya Raline saja, Derby, Cut Mini serta Fatih pun menunjukkan akting yang maksimal. Lukman Sardi yang tidak pernah main komedi, bisa membuat orang tertawa dengan gaya bicaranya.

Ody dan Joko mampu meramu visual dan kisah yang mirip dengan kehidupan nyata. Dramanya pas dan komedinya tidak berlebihan. Lelucon dan bahasa yang digunakan juga sesuai dengan kelompok masyarakat menengah bawah. Ekspresi para pemain saat melihat hal-hal yang sebelumnya tak bisa dijangkau juga begitu natural.

“Orang Kaya Baru” adalah film drama komedi keluarga. Film ini tak hanya mempertontonkan hebohnya orang yang baru punya uang, tapi juga menyampaikan pesan bahwa keluarga dan sahabat adalah hal paling penting di dunia. “Orang Kaya Baru” tayang di bioskop mulai hari ini.

copyright © antara 2018