Rekor Dunia Sedan Listrik Terkencang

Ambisi Porsche untuk memecahkan rekor kecepatan mobil listrik yang digeber di dalam ruangan tertutup akhirnya tercapai sudah. Porsche berhasil menggeser rekor kecepatan tertinggi 140 kpj dari mobil listrik Speed Car yang dikendarai oleh Mikko Hirvonen sebelumnya.

Rekor Guinness World Records di 2013 silam itu berhasil digugurkan oleh pembalap Leh Keen dari Amerika Serikat dengan sedan sport listrik Porsche Taycan Turbo S. Sedan yang punya tenaga sebesar 750 hp dengan full time all wheels drive itu sukses melesat dari diam hingga kecepatan 165,20 kpj di dalam gedung tertutup, New Orleans Convention Center, di Louisiana, Amerika Serikat.

Hebatnya performa motor listrik Taycan tersebut tergolong kencang, karena hanya butuh 2,6 detik untuk berakselerasi dari 0 kpj ke 100 kpj. Pencapaian itu sudah setara supercar Lamborghini Aventador SV.

Makin seru, Leh Keen harus berusaha ekstra keras mengerem saat melepas pedal gas, karena panjang trek berupa lantai beton untuk pengereman terbatas. Bahkan ia harus siap celaka sebab tidak disediakan jaring pengaman atau apapun itu, dan hanya ada tembok. Ia murni mengandalkan rem keramik berukuran besar di Taycan. Wow!

Apakah sedan sport listrik ini akan punya lawan baru? Halo Tesla berani melawan?

Leave a Comment