Robot Charger Otonom Dari Volkswagen

Robot pengisian daya ciptaan Volkswagen ini akan menjadi alat charger otonom masa depan. Robot canggih yang bergerak lewat aplikasi atau fitur komunikasi Car-to-X ini dapat mengisi baterai mobil listrik secara mandiri di sebuah lokasi pengisian listrik.

Dengan menggendong baterai cadangan berisi tenaga listrik maka begitu tutup lubang pengisian energi listrik terbuka, robot langsung mengeluarkan lengan dan mencolokkannya ke soket yang ada di mobil. Menariknya, begitu baterai di tubuh robot habis, langsung kembali ke stasiun pengisian pusat di lokasi tersebut.

Thomas Schmall selaku CEO Volkswagen Group Components mengatakan, “menyiapkan infrastruktur pengisian daya yang efisien untuk masa depan adalah tugas utama yang menantang seluruh sektor”.

Salah satunya adalah di prototipe robot pengisian daya ini.  Kami  berharap stasiun pengisian cepat yang fleksibel dapat diluncurkan ke pasar pada awal 2021.  Selama beberapa minggu, DC wallbox telah diujicobakan di berbagai lokasi produksi perusahaan Jerman. Robot pengisian daya seluler telah berhasil mencapai status prototipe dan sekarang akan dikembangkan lebih lanjut secara komprehensif.