Posted on by @rief

Robot Humanoid Sophia Hadir di CSIS Jakarta

Robot yang menyerupai manusia dan diberi nama Sophia ini dijadwalkan akan hadir di konferensi tahunan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) yang diselenggarakan di Jakarta, pada 16-17 September 2019. Kehadirannya kali ini ke Indonesia tentu menjadi yang pertama.

Sophia diciptakan oleh perusahaan teknologi Hanson Robotics asal Hong Kong  yang mulai di aktifkan pada bulan April 2015 serta dibekali sistem artificial intellegence/AI atau kecerdasan buatan. Sejak itu robot yang dibuat berdasarkan wajah aktris Audrey Hepburn ini kerap hadir diberbagai event, diskusi dan juga acara talk show TV terkemuka di berbagai negara, termasuk dalam acara The Tonight Show yang dibawakan oleh Jimmy Fallon.

Sophia bahkan mendapatkan kewarganegaraan dari pemerintah Arab Saudi yang diberikan pada Oktober 2017 lalu. Untuk menunjang kemampuan lainnya, robot cerdas ini juga disematkan kamera untuk pemrosesan data grafis dan pengenalan wajah, termasuk memiliki kemampuan untuk mengikuti ekspresi wajah manusia.

Pada acara CSIS 2019 ini turut hadir sebagai pembicara sejumlah tokoh tanah air dan luar negeri dari berbagai bidang, termasuk diantaranya adalah Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani.

Source: CSIS

Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store