Posted on by Dhika

RSA dr. Lie Dharmawan yang Menginspirasi

Menanamkan rasa peduli memang tidak semudah kelihatannya, namun manfaatnya begitu besar. Menunjukan sikap peduli sebenarnya tidak perlu jauh-jauh jika dirasa belum mampu, ada orang terdekat yang mungkin sangat membutuhkan kepedulian Anda saat ini.

Namun jika sudah merasa mampu lebih, Anda bisa melakukannya lebih luas. Kita bisa melihat dari sebuah aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh dr. Lie Dharmawan bersama doctorSHARE atau Yayasan Dokter Peduli dengan menyediakan Rumah Sakit Apung (RSA).

Berdiri dari tahun 2013, RSA difungsikan untuk mengatasi kebutuhan masyarakat yang kekurangan akan fasilitas kesehatan di pulau-pulau terpencil Indonesia. Permasalahan kesehatan yang terkendala masalah geografis dan kondisi ekonomi.

Dibangun dari sebuah kapal kayu kecil, RSA dr. Lie Dharmawan telah berlayar melayani masyarakat di pulau-pulau kecil terpencil mulai dari barat sampai timur Indonesia, melakukan ratusan operasi mayor dan minor, serta memberikan pemeriksaan dan perawatan kesehatan untuk ribuan penduduk lokal.

Perahu yang memiliki sebutan ‘bahenol’ ini menjadi rumah sakit apung swasta pertama dan terkecil di dunia yang dilengkapi dengan fasilitas medis setara rumah sakit darat Tipe D. Dengan RSA ini, tim doctorSHARE menyediakan layanan medis dasar gratis seperti pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan kehamilan, pemeriksaan gigi, operasi kecil & besar, serta pendidikan & pelatihan kesehatan dasar untuk masyarakat di wilayah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T).

Rata-rata perjalanan medis diadakan sekitar 8 kali setiap tahun. Setiap perjalanan layanan medis memiliki durasi 7-10 hari.

Namun, beberapa waktu lalu, RSA dikabarkan tenggelam di Perairan Bima, NTB. Menurut doctorshare.org, RSA karam saat pelayaran dari Kupang, NTT – menuju Torano, Sumbawa Besar, NTB di Perairan Bima. Namun program yang sedang dan akan dijalankan oleh doctorSHARE tetap berjalan.

Dari kisah dr. Lie Dharmawan kita bisa ambil kesimpulan, manusia terbaik adalah manusia yang bermanfaat untuk orang banyak, setidaknya untuk orang yang ada di sekitar Anda. Peduli terhadap sesama sudah lebih dari cukup untuk membuat Anda menjadi orang yang bermanfaat.

Anda bisa membantu dengan cara memberi bantuan dalam bentuk apapun. Tidak perlu ragu untuk peduli terhadap sesama, karena setiap kebaikan akan dibalas dengan kebaikan.


Share This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store