Posted on by @rief

Rumah Cetak 3D Dipasarkan

Sepertinya proses membangun rumah akan semakin singkat dan mudah berkat teknologi 3D Print yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi konstruksi ICON. Berada di Austin, Texas; ICON bersama desainer lokal Logan Architecture baru saja menyelesaikan empat buah rumah yang proses pembangunannya menggunakan material beton yang dicetak secara 3D.

ICON mengklaim jika bahan bangunan dengan proses cetak 3D ini lebih kuat dan tahan lama dibanding pembuatan menggunakan teknik konvensional. Dengan begitu rumah lebih aman dan tahan menghadapi cuaca ekstrem. Seperti tahan terkena api, banjir, angin atau bencana alam lainnya.

Masing-masing rumah yang terdiri dari 2 buah rumah dengan 2 kamar dan 2 buah rumah dengan 4 kamar hanya memerlukan waktu lima hingga tujuh hari untuk menyelesaikannya. Jauh lebih cepat dari cara pengerjaan tradisional. Meski memiliki ukuran dan layout ruang berbeda antara satu rumah dengan yang lain, tetapi keempatnya memiliki fitur dan kelengkapan yang sama baik di dalam maupun bagian luarnya.

Dinding bawah keempat rumah diberi warna terang, sedangkan dinding lantai atas kombinasi warna hitam dan motif kayu memberikan kesan dinamis dan hangat. Bagian interior mengambil referensi desain barat dengan material struktural alami menggunakan kayu, logam dan beton. Palet warna interior yang dipilih pun sederhana dan alami, menggunakan warna hijau, putih dan terakota.

Diharapkan akan semakin banyak bermunculan rumah cetak 3D dengan material ramah lingkungan, seperti bioplastic, tanah liat bahkan limbah beras. Tidak hanya rumah, teknologi 3D dari ICON bahkan sudah juga digunakan untuk membangun prototipe habitat Mars, bekerja sama dengan firma arsitektur BIG dan NASA. 

 

Photos : Dezeen


Share This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store