Posted on by @rief

Rumah Mengapung Raih Red Dot Design Concept Award 2019

Isu kenaikan permukaan air laut yang disebabkan gletser mencair hingga pemanasan global dan pencemaran yang terjadi di bumi saat ini menimbulkan berbagai reaksi dari beberapa kalangan.  Sebagian bahkan mengantisipasinya dengan menciptakan sejumlah terobosan yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Seperti yang dilakukan oleh Wojciech Morszty, seorang desainer asal Polandia yang menuangkan ide dengan membuat gabungan antara kapal pesiar dan rumah tinggal. Konsep desain yang disebut dengan Ocean Community terdiri dari sebuah rumah yang bisa berpindah dan dapat mengapung sekitar 800 m dari garis pantai.

Berbeda dengan kapal pesiar, desain yang dibuat lebih menyerupai rumah tinggal namun dengan kelebihan dapat berpindah tempat. Meski tidak disebutkan jenis mesin penggeraknya, tetapi diharapkan rumah ini secara mobile dapat berpindah dan digunakan jika ingin berlabuh ke daratan. Kehadiran desain ini dapat membantu keinginan manusia yang ingin membentuk koloni di atas air. Dari beberapa gambar yang ditampilkan terihat jika bagian interior memiliki desain cukup mewah.

Tentu untuk dapat mewujudkan kehidupan seperti di atas, akan ada banyak faktor yang harus diperhitungkan. Termasuk memanfaatkan energi berkelanjutan yang mudah didapat seperti memanfaatkan air, matahari dan angin sehingga memungkinkan kehidupan sepenuhnya yang memerlukan jaringan listrik yang tentu sulit diaplikasikan jika berada di tengah laut.

Atas ide menarik yang ditampilkan, konsep Ocean Community ini menerima penghargaan The Red Dot Design Concept Award 2019.

Source : Autoevolution  

Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store