Samsung Kembangkan Sensor Kamera 600 MP

Samsung dikenal sebagai pemain utama di bidang teknologi smartphone dengan mengembangkan dan memproduksi sensor kamera. Samsung juga menjadi perusahaan yang kali pertama memperkenalkan sensor dengan resolusi 64 MP dan terakhir 108 MP pada smartphone flagship-nya. Pihak Samsung juga  meyakini jika ini barulah permulaan saja.

Dalam rilis resminya, Yongin Park, Head of Sensor Business Team Samsung mengungkapkan tujuan pengembangan sensor 600 MP di masa depan akan memberikan lebih detail daripada yang bisa dilihat oleh mata manusia yang memiliki resolusi sekitar 500 MP. Tidak hanya pada bidang smartphone saja tapi juga pengembangan dan aplikasi pada sektor lainnya.

Diketahui hasil resolusi foto 108 MP dihasilkan smartphone Samsung Galaxy S20 Ultra menggunakan sensor ISOCELL Bright HM1 dan Xiaomi Mi Note 10 dengan sensor ISOCELL HMX. Tentu memperkenalkan sensor kamera 600 MP merupakan sebuah pencapaian dan tantangan tersendiri bagi tim Samsung.

Meski belum mengeluarkan tanggal pasti, tapi melihat hasil pengembangan yang ada, Yongin Park meyakini jika sensor kamera 600 MP dapat hadir lebih cepat dari yang diperkirakan.

Source : GSM Arena, Samsung