Seatmaker Indonesia Sanggup Ikuti Design Jok KIA Seltos

Foto : Jok depan Kia Seltos

PT Kreta Indo Artha (KIA) meluncurkan All New KIA Seltos dengan tiga varian untuk pasar Indonesia. Mobil bertipe SUV ini dibanderol dengan harga Rp 295 juta untuk varian E, Rp 320 juta varian EX, dan Rp 355 juta untuk varian tertinggi EX+. Harga tersebut on the road (OTR) Jakarta.

Seltos mengusung mesin 1,4 liter Turbo berteknologi Dual CVVT menghasilkan tenaga puncak 140 PS di putaran 6.000 RPM dan torsi 242 Nm mulai 1.500 sampai 3.200 rpm. Transfer daya ke roda memanfaatkan Dual Clutch Transmission (DCT) 7-speed.

Ada beberapa hal menarik dari KIA Seltos. Mulai dari desainnya, baik eksterior maupun interior dan juga fitur-fitur yang ditawarkan cukup melimpah. Sebagai mobil SUV, mobil ini sudah dilengkapi dengan sistem Drive Mode Select. Terdapat pilihan mode mengemudi seperti: Normal, Eco, Sport, Mud dan Snow & Sand. Sementara untuk varian tertinggi sudah dilengkapi dengan fitur cruise control. Tak ketinggalan juga pengaturan stir empat arah, karena memiliki fitur tilt dan telescopic.

Untuk komponen infotainment disematkan panel instrumen berukuran 8 inci yang mempunyai fitur Bluetooth voice recognition, USB and Auxiliary connection, Apple Car Play, Android Auto dan rear view monitor. Kemudian sistem pendingin yang diperkuat Auto Climate Control dan ventilasi untuk mengalirkan udara ke belakang. Keren ya..

Tapi ada salah satu hal yang cukup terlihat menarik di bagian interiornya, yakni di bagian jok.
Seltos menampilkan jok yang terlihat lebih modis, karena modelnya yang tidak monoton seperti mobil baru kebanyakan. Motif segi enam atau biasa disebut hexagon diterapkan hampir di seluruh bagian kulit pelapis jok mobil asal Korea ini.

Foto : Jok belakang Kia Seltos

Foto : Detail motif jok KIA Seltos

Mungkin jok bermotif ini menjadi gebrakan baru di industri mobil baru tanah air. Walaupun sebenarnya, jok bermotif memang sudah tren selama kurang lebih satu tahun ke belakang melalui tangan terampil para seatmaker Indonesia.

Foto : Detail motif jok belakang KIA Seltos

Nah, untuk pembuatan motif tersebut, para seatmaker menggunakan lembaran synthetic leather yang dipola menggunakan komputer. Selanjutnya lapisan synthetic leather dilapisi busa dan dijahit menggunakan mesin dengan mengikuti pola yang sudah dibuat.

Uniknya, kini KIA menerapkan motif pada jok Seltos. Mungkin hal ini bisa menjadi tren baru bagi mobil keluaran terbaru selanjutnya. Tidak menutup kemungkinan hal ini juga dilakukan oleh pabrikan lain.

Pola jahitan yang biasanya digunakan untuk jok mobil cukup beragam, seperti model garis-garis, sofa, kerut, diamond, octagon, hexagon dll.

Contoh jok yang sudah menggunakan pola tersebut adalah salah satu peserta kontes MBtech Driving With Style Awards (DWSA) 2019.

Juara ketiga dari kontes DWSA 2019, Arief Ie Ie InCar dari Surabaya membuat pola dengan software desain di komputer, lalu desain tersebut dimasukan kedalam software mesin khusus yakni CNC (Computer numerical control) yang merupakan mesin untuk menjahit pola secara otomatis.

Foto : Jok juara 3 Driving With Style Awards 2019

Hasil jahitan tentu menjadi lebih rapi dan presisi, sudah begitu dengan mesin CNC dapat mempercepat waktu pengerjaan. Sudah canggih ya seatmaker di Indonesia..

Untuk bahan yang digunakan, Arief menggunakan kombinasi bahan MBtech Giorgio Black dan MBtech Camaro Fiesta Pop Green.

Bagi yang ingin merubah joknya menjadi lebih keren tidak usah bingung, karena banyak seatmaker di Indonesia yang sudah berpengalaman dan juga sudah menghasilkan karya jok dengan motif dan warna beragam.

Terlebih lagi pilihan warna yang tesedia sudah sangat banyak. MBtech Giorgio misalnya memiliki 40 pilihan warna yang pastinya akan membuat tampilan jok jadi lebih menarik.

PT Polystar International (MBtech) sebagai penyelenggara lomba desain jok mobil bertajuk MBtech Driving With Style Awards 2019, menyajikan banyak contoh dan referensi untuk siapa saja yang mencari inspirasi seputar jok mobil.

Bisa langsung mengunjungi website resmi MBtech di www.mbtech.info. Atau bisa juga kunjungi sosial media di Instagram (@mbtechindonesia), Facebook (MBtech Info), twitter (@mbtechmania) dan juga channel yotube (MBtech TV).

Atau untuk lebih detailnya bisa hubungi customer center melalui WhatsApp 0812 1982 2323.