Sekilas Mirip, Ini Perbedaan Toyota Veloz dan Avanza

Bicara soal mobil keluarga, rasanya orang Indonesia pasti tidak asing dengan dua mobil andalan Toyota yakni Avanza dan Veloz. Mobil MPV ini merupakan produk paling laris dari PT Toyota Astra Motor (TAM) di Indonesia. Walaupun keduanya sepintas terlihat sama, sebenarnya kedua mobil tersebut memiliki perbedaan yang cukup kentara. Nah, apa saja sih perbedaannya?

Pada bagian muka, Veloz punya nuansa lebih mewah dengan penggunaan grille lebar yang dibalut dark chrome garnish. Sedangkan Avanza hanya diberikan sentuhan krom saja. Kalau diamati lagi, ada beda pada desain bumper depan. Lekuk Veloz tampak lebih menonjol dengan kisi-kisi udara yang lebih sporty.

Selain tampilan muka, di bagian velg juga memiliki perbedaan. Avanza menggunakan velg berukuran 14-inci, sedangkan Veloz memakai velg yang sedikit lebih besar, 15-inci. Selain ukurannya, desain V-Shaped velg keduannya pun berbeda. Desain velg Veloz bernada two-tone dan terlihat lebih sporty.

Perbedaan lain yang dapat dilihat antara Toyota Avanza dan Veloz adalah bagian belakangnya. Avanza punya desain yang lebih sederhana dibandingkan dengan Veloz yakni dibagian spoiler belakang di bagian atas. Avanza terlihat lebih sederhana, sedangkan milik Veloz terlihat cukup sporty dan elegan. Perbedaan lain adalah adalah Avanza tidak memiliki tempat dudukan pelat nomor yang ada di bagian belakang.  Pada bagian sisinya, Veloz dilengkapi dengan body kit atau side skirt, sehingga terlihat lebih sporty. Side skirt ini tidak terdapat pada Avanza.

Menuju interior, beberapa perbedaan juga terlihat pada door trim, instrument cluster pada AC, layar entertainment yang dipasang di bagian plafon dari mobil dan bahan pelapis pada stir. Veloz lebih unggul dibandingkan Avanza. O iya, Veloz juga sudah memiliki fitur kamera mundur.

Nah pada bagian jok, Toyota Avanza kini punya desain jok berbahan fabric dengan desain bergaris warna abu-abu yang terlihat lebih mewah. Sedangkan Toyota Veloz menggunakan Jok bahan fabric dengan paduan warna hitam dan merah yang juga disematkan pada bagian door trim.

Sekarang sudah tau kan apa saja perbedaan saudara kembar dari Toyota ini. Jadi enggak bingung lagi deh.