Posted on by @rief

Semerbak Kopi Nusantara Mendunia

Sepertinya sudah sangat lumrah ketika nongkrong bareng sobat atau kerabat akan tersedia sajian cemilan dan kopi. Yup jenis minuman satu ini memang seakan jadi pilihan yang tepat dan asyik untuk menemani bercengkrama. Semerbak aroma kopi ketika dihidangkan dijamin bikin nagih sehingga banyak digemari oleh berbagai kalangan.

Serunya lagi menjadi salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, varian kopi asal Indonesia menjadi yang paling banyak digemari oleh para penikmat kopi. Nah jenis kopi Indonesia apa saja sih yang banyak disukai, berikut di antaranya.

1. Kopi Aceh Gayo

Kopi ini tentu sudah tak asing di telinga pecinta minuman berwarna hitam ini. Selain di Indonesia, biji kopi Aceh Gayo juga popular di luar negeri. Kopi Aceh Gayo memiliki karakteristik kopi dengan tingkat keasaman dan aroma yang seimbang.

Penyajian tradisional dengan cara merebus biji kopi dan air hingga mendidih di dalam panci menjadi cara yang tepat untuk mendapatkan aroma asli kopi Aceh Gayo dengan bau alami seperti tanah yang tersiram air hujan.

2. Kopi Bali Kintamani

Selain pesonanya alamnya, ternyata Bali juga memiliki jenis kopi yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Jepang, Eropa dan Arab karena aromanya yang unik. Kopi Bali Kintamani memiliki asam citrus yang segar dan wangi bunga. Selain itu kopi ini juga memiliki tingkat keasaman dan kekentalan yang sedang, sehingga cocok untuk dinikmati kapan saja.

3. Kopi Toraja

Berikutnya ada kopi Toraja asal Sulawesi yang menjadi favorit pecinta kopi di benua Eropa dan Amerika. Biji kopi Toraja memiliki rasa yang berat dan tingkat keasaman rendah. Enaknya lagi kopi Toraja tersedia dalam dua jenis, robusta dan arabika.

Kopi Toraja memiliki body medium dan mudah diseduh sehingga membuatnya menjadi salah satu kopi terenak bahkan ketika tidak ditambahkan gula sama sekali rasanya tetap ‘nampol’.

4. Kopi Luwak

Banyak yang mengenal kopi satu ini karena prosesnya yang unik, dengan menggunakan proses fermentasi alami di dalam tubuh luwak. Dan menjadi jenis kopi yang hanya bisa ditemukan di Indonesia.

Banyak wisatawan yang langsung menyukai ketika mencoba untuk pertama kali. Karena kopi ini memiliki perpaduan antara rasa pahit, lembut, serta asam dengan aroma harum yang tidak bisa dijumpai pada jenis kopi lain di Indonesia.

Gak ngopi?

Photos : Internet


Share This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store