Seni Berburu Mobil Hobi

Belakangan ini pehobi otomotif sedang ramai bermain mobil lawas berkategori hobi. Biasanya mereka berdalih ingin bernostalgia, menyalurkan hobi sampai ada yang menjadikan sebagai investasi di masa depan.

Model-model lawas yang dijadikan incaran tidak selamanya model klasik, mobil-mobil era 70 hingga 2000’an ternyata banyak disukai pehobi mobil tanah air. Semakin langka modelnya, unit terbatas, status masuknya mobil (CBU atau CKD) menjadi hal terseru dalam memburunya.

Sayangnya, melacak unit mobil lawas incaran tidaklah mudah, keberadaannya goib dan banyak disembunyikan para pemiliknya.  Hal itu terkadang bikin drop semangat car enthusiast untuk mencarinya.

Kondisi di atas itu sudah berjalan sejak puluhan tahun silam. Tak sedikit pembeli harus pasang telinga untuk mendapat informasi di mana mobil incaran berada.

Namun beruntunglah Anda yang mulai mencari mobil hobi di era internet dan media sosial. Hanya bermodal kuota internet di smartphone, Anda dengan mudahnya browsing mobil incaran, melihat fisiknya walau lewat foto pendukung dalam iklan online. Jika tertarik seketika bisa kontak sang penjual via telepon maupun WhatsApp.

Selain itu, masih ada jalur lain yang umum digunakan seperti memburunya dalam situs jual beli mobil bekas, Instagram dan forum jual beli di facebook. Sedangkan untuk offlilne, Anda bisa berkunjung ke sentra mobil bekas. Karena sekarang showroom mobil bekas pun mulai menjajakan mobil hobi  selain mobil regular.

O iya, jika sudah berhasil berjumpa dengan mobil hobi incaran, Anda tetap harus mengecek kondisi fisik secara menyeluruh, mulai bodi, interior, mesin, kaki-kaki dan sebagainya. Jangan lupa, kelengkapan surat (STNK/BPKB) harus diperhatikan.

Andai semua persyaratan telah terpenuhi, pastikan saat menawar mobil sudah punya amunisi saldo yang cukup di rekening bank, karena di zaman sekarang banyak orang nekat yang berani bayar lebih untuk mobil hobi. ‘Selamat hunting ya gaiss!’

Leave a Comment