Seniman Nyoman Nuarta Dapat Penghargaan di India

Perupa Indonesia, Nyoman Nuarta, menerima penghargaan Padma Award 2018 dari Presiden India Shri Ram Nath Kovind atas karya-karyanya yang dianggap bernilai seni tinggi.

Menurut siaran pers KBRI New Delhi, Rabu, penghargaan itu diserahkan dalam upacara di Istana Kepresidenan India, Rashtrapati Bhavan, di New Delhi yang dihadiri oleh Perdana Menteri India Narendra Modi dan Wakil Presiden India M. Venkaiah Naidu.

Nyoman Nuarta adalah salah satu pelopor Gerakan Seni Rupa Baru (New Art) yang dengan mahakarya seperti Patung Garuda Wisnu Kencana di Bandung dan Bali, Monumen Jalesveva Jayamahe di Surabaya, dan Monumen Proklamasi Indonesia di Jakarta.

Usai upacara penyerahan penghargaan, Nuarta berkesempatan bertemu dengan Perdana Menteri Narendra Modi dan menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan dan sambutan yang sangat baik dari Pemerintah India. Modi juga menyampaikan ucapan selamat kepada Nyoman Nuarta atas penghargaan Padma Award.

Padma Award merupakan salah satu penghargaan sipil tertinggi India yang diumumkan setiap tahun pada perayaan Republic Day. Penghargaan itu merupakan bentuk pengakuan terhadap pencapaian individu di semua bidang kegiatan dan disiplin ilmu/pengetahuan yang melibatkan layanan publik.
copyright © antara 2018