Sensasi Menunggangi Yamaha R25 di Sirkuit Sentul

Setelah dirilis bulan lalu, PT Yamaha mengajak awak media untuk merasakan langsung keganasan dari Yamaha R25 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Yamaha R25 mempunyai beberapa perbedaan, dari segi desain serta penggunaan suspensi Up Side Down dan penambahan lampu berteknologi LED pada bagian depan motor ini.

Yamaha R25 terbaru diklaim memiliki peningkatan tenaga berkat ubahan desain fairing serta penambahan air scoop di bagian depan antara kedua sisi lampu, mengalirkan angin saat top speed sehingga bobotnya semakin ringan. Hal itu merupakan kunci yang membuat motor ini bisa berlari lebih kencang dari sebelumnya.

“Yang paling utama adalah membuat motor ini lebih ringan, untuk bergerak lebih muda karena diameternya lebih besar suspensinya menjadi lebih kokoh serta merubah handling menjadi lebih baik dan perubahan pada aerodynamic juga berdampak pada topspeed lebih kencang 8km/h,” ujar President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor, Minoru Morimoto, di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Pada kali ini awak media diajak merasakan langsung produk terbaru Yamaha di lintasan balap.

Yamaha R25 masih mengusung mesin DOHC dengan daya maksimum mencapai 23,6kW pada 12.000rpm sedangkan torsi maksimum adalah 23,6 Nm pada 10.000rpm, motor ini mempunyai panjang 2.090mm serta lebar 730mm dan tinggi 1140mm dengan bobot 166kg.

Saat merasakan motor ini untuk pertama kalinya, R25 memang mempunyai tenaga yang cukup baik di kelasnya dengan mencapai top speed hingga 155km/h serta akselerasi yang cukup baik pada saat menikung.

Bermanuver juga menjadi lebih stabil berkat penggunaan ban lebar pada depan (110/70-17) dan belakang (140/70-17).

Fitur

Selain itu, terdapat sejumlah fitur anyar pada Yamaha R25, pertama adalah desain baru yang semakin sporty, mengadopsi DNA “R Series” terutama pada bagian wajah yang kini memiliki M1-Duk mirip seperti YZR-M1. Motor ini juga dilengkapi Full LCD Speedometer pada bagian kokpit yang desain menyerupai Yamaha R1.

Ada juga Full LED Head & tail Light, serta lampu depan yang menggunakan teknologi LED, sehingga dapat memancarkan cahaya lebih terang serta hemat dan tahan lama.
Lampu hazard juga dihadirkan sebagai tanda darurat.

Knalpot R25 menggunakan Super Sport Mid Ship Muffler, yang di desain menjadi lebih kompak guna menunjang penampilan agar semakin sporty.

Handling yang mantap saat bermanuver ditunjang penggunaan suspensi Up Side Down Suspension yang juga menambah tampilan motor semakin gagah.

Kesan “big bike” pun terasa dengan pengaplikasian tombol starter 3 in 1 yang terdiri dari cut off/on dan starter engine semakin mempertegas kesan Big Bike pada motor.

copyright © antara 2018