Sepeda e-Bike Teringan di Dunia

Tahukan kamu rekor sepeda e-bike paling ringan di dunia adalah seberat 6,8 kg. Sepeda rancangan dari Dr. Ing. Dennis Freiburg tersebut telah diakui oleh Guinness Book of World Records pada akhir tahun 2019 kemarin.

Sepeda yang dijuluki Freicycle ini dilahirkan untuk memenuhi tugas akhir Dennis di program doktoral (S3). Tak heran kalau Dennis serius mengembangkan prototipe e-bikes sebaik mungkin agar ia memperoleh gelar Doktor di bidang mekanikal.

Dennis pun mencetak rangka sepeda dengan material karbon khusus hasil racikannya, hebatnya saat rangka itu diproduksi di pabrik sepeda Merida, rangka Freicycle hanya berbobot 1 kg. Lantas agar target bobot terpenuhi, Dennis menggunakan komponen sepeda yang terbuat dari material karbon.

Hal terpenting di proyek sains dari Dr. Freiburg adalah instalasi sistem penggerak eletrik. Inovasi yang dilakukan olehnya ternyata cukup cerdik dalam memangkas bobot.  Dennis cukup menaruh sebuah dinamo brushless berdaya 660W milik R/C helikopter di kolong rangka tengah sepeda.

Sistem kerjanya pun tergolong sederhana. Saat dinyalakan lengan dari dinamo yang punya roller friksi akan turun mengenai roda belakang dan gesekan yang timbul mampu mendorong sepeda untuk bergerak. Lalu kaki dari pesepeda dapat beristirahat di atas pedal karena tugasnya telah digantikan dinamo tersebut.

Dinamo yang dibatasi kecepatannya di angka 25 kpj ini dipersenjatai sebuah baterai berdaya 137 Wh. Sedangkan daya jelajah dari e-bike Freicycle hanya berjarak 35 km. Uniknya, baterai tersebut dibuatkan cover seperti botol minum sepeda yang ditempatkan pada rangka tengah.

Sayangnya proyek sains bernilai 20 ribu Euro atau sekitar Rp 349 juta ini tidak diteruskan sebagai produk massal.