Sirkuit Mandalika Siap Gelar MotoGP 2021?

MotoGP 2020 hampir usai dengan menyisakan satu seri lagi yang akan digelar di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal pada 22 November. Walaupun begitu, Juara dunia sudah diraih oleh pembalap tim Suzuki, Joan Mir yang memuncaki klasemen dengan mengemas 171 poin.

Untuk gelaran MotoGP tahun 2021, ada kabar gembira bagi pecinta MotoGP tanah air, yakni Indonesia akan menjadi bagian dalam ajang balap bergengsi tersebut. Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) disiapkan Indonesia untuk menjamu Valentino Rossi dan kawan-kawan.

Sirkuit ini nantinya akan memiliki 17 tikungan dengan sembilan tikungan ke kiri dan delapan ke kanan. Sirkuit dengan total panjang 4,31 kilometer (km) ini juga akan memiliki 40 garasi di area paddock. Untuk kapasitas tempat duduk di grandstand akan menampung 50.000 penonton, dan area berdiri tersedia untuk 138.000 penonton. Lalu, hospitality suites akan dibangun dengan kapasitas 7.700 pengunjung.

Kerennya, sirkuit ini dibangun di pinggir pantai, jadi akan menambah keasyikan saat menonton MotoGP secara langsung dengan ditemani pemandangan pantai Lombok yang indah. Saat ini Sirkuit Mandalika masih sebagai lokasi cadangan. Hal ini dikarenakan belum rampungnya pembangunan secara keseluruhan. Semoga saja sirkuit kebanggaan Indonesia ini akan selesai tepat waktu dan bisa berpartisipasi di MotoGP 2021 mendatang.