Sono Motors Luncurkan Mobil Listrik yang Wajib Berjemur

Perkembangan mobil listrik semakin inovatif. Pasalnya, pabrikan mobil baru asal Jerman, Sono Motors baru saja meluncurkan mobil listrik bernama Sion. Kelebihan mobil ini mampu mengisi daya memanfaatkan cahaya matahari.

Hampir di sekujur eksterior mobil ini dilengkapi dengan panel surya sebanyak 248 unit yang berada di pintu, body, kap mesin dan atap mobil. Panel surya ini tidak membuat tampilan mobil mencolok karena sudah dilapisi oleh cat khusus untuk menyamarkannya.

Lapisan panel surya ini dapat mengkonversi panas matahari dan memanfaatkan sebagai sumber tenaga, kemudian membuat mobil bisa melaju sejauh 34 km. Cuma perlu diingat kemampuan ini bisa saja tidak maksimal karena tergantung dengan cuaca di waktu tersebut.

Namun jangan khawatir, Sion juga dilengkapi dengan baterai berukuran 35 kWh berteknologi fast charging yang hanya membutuhkan waktu 30 menit saja. Apabila dalam kondisi penuh, mobil bisa menempuh jalan sejauh 255 kilometer.

Penggerak listriknya mampu menghasilkan tenaga puncak 150 kW, tenaga kontinu 60kW, dan torsi 175 Nm. Sementara kecepatan maksimalnya mencapai 140 km/jam. Selain itu, Sion juga dilengkapi dengan sejumlah fitur canggih lainnya. Seperti memungkinkan pemilik mobil masuk tanpa kunci dan mengatur berbagai pengaturan di mobil.

Mobil tersebut resmi meluncur di pameran virtual CES 2021. Sion menjadi mobil listrik pertama di dunia bertenaga surya yang diproduksi massal. Bagi yang berminat, mobil listrik ini dilepas ke konsumen dengan harga USD 30.200 atau setara Rp425 juta.

Leave a Comment