Sony Umumkan Spesifikasi Hardware PlayStation 5

Setelah menyimpan rapat-rapat informasi terkait konsol game andalannya, Sony akhirnya mengungkapkan spesifikasi dan detail hardware yang digunakan pada PlayStation 5 (PS5) yang direncanakan hadir pada musim liburan tahun ini. Diketahui untuk konsol game terbarunya ini akan menggunakan CPU AMD Zen 2 delapan-core khusus dengan clock 3,5 GHz dengan GPU custom AMD RDNA 2.

Spesifikasi lain yang diungkap adalah kapasitas RAM dan memori yang digunakan, yakni menggunakan RAM GDDR6 16 GB dan custom memory SSD 825 GB. Penggunaan penyimpanan dari hard drive konvensional ke tipe SSD menjadi pembaruan tenis utama yang dilakukan, sehingga memberikan waktu loading yang sangat cepat.

Terbukti saat melakukan demo pada game Spider-Man dapat dilakukan waktu kurang dari 1 detik. Bandingkan dengan PS4 yang memerlukan waktu hingga 8 detik lamanya. Penggunaan SSD juga terbukti ketika PS4 membutuhkan waktu 20 detik untuk memuat 1 GB data, sementara SSD di PS5 dapat memuat data sebanyak 5 GB hanya dalam waktu 1 detik saja.

PS5 juga support untuk USB hard drive, walau akan sedikit lebih lambat karena sebagian besar dirancang untuk game PS4 yang kompatibel. Tidak hanya pada spesifikasi saja, Sony juga terbilang menutup rapat desain asli dari PS5. Tapi perusahaan sudah menjanjikan jika hardware yang diaplikasikan di konsol game mereka akan support untuk game 8K maupun 4K dengan frekwensi layar 120 Hz.

Hardware lain yang dijanjikan adalah penambahan audio 3D untuk hasil suara yang lebih mantap, adanya mode konsumsi rendah sebagai opsional untuk menghemat daya listrik dan pastinya masih kompatibel dengan sejumlah game yang ada di PS4.

Source : The Verge