Spider-Man Keluar dari Marvel Cinematic Universe?

Spider-Man dikabarkan tak akan lagi muncul di film-film Marvel Cinematic Universe (MCU), gara-gara perselisihan antara perusahaan induk Marvel, Disney, dengan Sony yang memiliki hak atas karakter manusia laba-laba itu.

Presiden Marvel Studios Kevin Feige menarik diri dari produksi film-film Spider-Man karena Sony tidak mencapai kesepakatan dengan Disney terkait pembagian pendapatan.

Jika Spider-Man hengkang dari MCU maka pertemuan Peter Parker dengan jagoan-jagoan seperti Iron Man dan Nick Fury bisa saja berakhir di film “Spider-Man: Far From Home”.

Deadline melaporkan bahwa Disney meminta film Spider-Man selanjutnya diproduksi bersama 50/50 antara Disney dan Sony, alih-alih kesepakatan saat ini yang hanya memberikan lima persen pendapatan kotor box office pada Marvel dan Disney.

Disney merasa, dengan pengelolaan waralaba dan ikatan dengan film-film MCU, mereka berhak mendapat bagian yang besar. Namun Sony tampaknya tidak setuju, dan sekarang kedua studio itu akan kembali berpisah.

Sony merasa bahwa tim kreatif gabungan sutradara Jon Watts yang menggarap Spider-Man: “Homecoming” dan sekuelnya, “Far From Home”, aktor Tom Holland, dan produser Amy Pascal akan cukup untuk menjaga momentum waralaba Spider-Man, meski tanpa keterlibatan Feige.

Marvel Studios dan Sony pertama kali menyetujui kesepakatan atas Spider-Man pada 2015, yang memungkinkan karakter tersebut muncul dalam film-film Marvel, meskipun Sony mempertahankan hak atas karakter tersebut dan bertanggung jawab untuk membiayai, mendistribusikan, dan “kontrol kreatif akhir”.

Selain kedua film Spider-Man, Sony memiliki rencana besar untuk waralaba dan karakter terkaitnya, seperti sekuel Venom mendatang yang akan disutradarai oleh Andy Serkis.

copyright © antara 2019