Spot Robot Anjing Seharga Rp 1 Miliar

Robot anjing bernama Spot ini akhirnya bisa menjadi ‘hewan peliharaan’ manusia seutuhnya. Sang kreator, Boston Dynamics asal Amerika Serikat itu kini membuka kesempatan kepada publik untuk meminangnya dengan anggaran sebesar AS$ 74.500 atau setara Rp 1,056 miliar.

Spot dirancang sebagai robot pembantu kegiatan manusia, baik untuk kebutuhan industri, militer dan kemanusiaan. Selain itu Spot dapat dikendalikan secara nirkabel (WiFi) dari tablet berbasis aplikasi Autowalk. Lewat aplikasi tersebut Anda dapat mengendalikan arah Spot via kamera 360 yang terpasang di tubuhnya. Bahkan ia juga bisa diperintah mengikuti rute yang telah ditentukan sang pemilik.

Robot anjing ini mempunyai bobot seberat 32,5 kg dan panjang 1,1 m dan tinggi 84 cm. Spot dapat beroperasi selama 90 menit dengan baterai berdaya 605 Wh yang bisa di recharge penuh dalam waktu 120 menit.

Untuk kemampuan bergeraknya, Spot dapat menanjak hingga kemiringan 30o dan menaiki anak tangga dengan ketebalan 30 cm. Anjing mekanik ini juga bisa menggendong beban hingga 14 kg dan kemampuan berlarinya di kecepatan 1,6 m/detik. Wow!