Stadion di Belanda Terang Dengan Baterai Nissan Leaf

Saat ini Stadion Johan Cruijff Arena di Amsterdam Belanda menjadi sistem energy listrik terbesar di Eropa yang menggunakan ratusan baterai baru dan bekas yang biasa digunakan pada mobil listrik Nissan Leaf.

Stadion yang biasa digunakan oleh klub bola Ajax ini disuplai oleh sekitar 148 buah baterai yang biasa digunakan pada Nissan Leaf sebagai bentuk kerjasama teknologi Nissan dengan perusahaan energy Eaton dan pihak lokal yang berwenang. Sel baterai yang digunakan memungkinkan untuk menyimpan tenaga surya melalui 4.200 panel solar yang ditempatkan di atap stadion.

Pihak Nissan mengatakan teknologi penyimpanan dari baterai 3MW dan 2,8 MW; dapat menyediakan kebutuhan jaringan listrik yang dibutuhkan oleh stadion di Belanda ini secara handal dan efisien serta daerah sekitarnya.

Sistem baru dari Nissan ini menciptakan siklus baru dari baterai mobil listrik. Bahkan pemimpin perusahaan listrik Francisco Carranza mengatakan, pemanfaatan kembali baterai mobil listrik Nissan dapat berkontribusi membuat seluruh sistem energy menjadi lebih efisien dan berkelanjutan.

Sementara Henk van Raan, selaku direktur inovasi Johan Cruijff Arena mengatakan bahwa sistem yang ada akan memastikan stadion akan selalu disuplai dengan tenaga listrik yang cukup, bahkan jika terjadi pemadaman. Bahkan dapat memberikan kontribusi kepada jaringan listrik daerah sekitarnya.

Hal ini tentu menjadi hal baru bagi sistem tenaga listrik di Belanda melalui investasi yang dibuat oleh Nissan dengan memperpanjang kegunaan dan fungsi dari baterai mobil listrik miliknya. Termasuk awal tahun ini dengan pemerintah Inggris untuk memasang 1.000 titik pengisian kendaraan dengan jaringan listrik yang ada di seluruh Inggris selama tiga tahun ke depan.

Source : Autocar