Star Wars : The Last Jedi, Pencarian Jedi Terakhir

Rey (Daisy Ridley) akhirnya menemukan Luke Skywalker (Mark Hamill), master Jedi harapan terakhir pasukan pemberontak di bawah pimpinan Leia Organa (Carrie Fisher) melawan First Order.

Luke yang sempat menghilang beberapa lama ternyata menyepi di Acht-To, tempat kuil Jedi pertama didirikan. Luke berharap bisa mati di sana.

Menemukan Luke tak berarti mudah membawanya kembali ke resistance. Ini menjadi misi berikutnya Rey. Luke butuh satu hal yang mampu meyakinkannya dan ada satu sosok yang bisa melakukan hal itu. Apakah Rey sosok itu?

Salah satu alasan sulitnya sang master kembali adalah luka pasca kepergian mantan muridnya, Ben Solo (Adam Driver). Walau berpaling sisi gelap dan menjadi Kylo Ren, Ben nyatanya masih mengalami konflik batin.

Akankah dia berhasil mengatasi konflik itu dan kembali ke sisi Luke dan resistance?

Di lain sisi, First Order yang dipimpin oleh pemimpin agung Snoke (Andy Serkis) semakin sengit memburu para pemberontak. Ratusan nyawa dari pihak Leia melayang, termasuk orang-orang terdekat Leia.

JIka memang Kylo memilih meninggalkan First Order, apakah ini berarti dia berhenti menargetkan Luke sebagai sasaran utamanya dan Luke lah Jedi terakhir itu?

Karakter baru dan hubungan lanjutan Kylo dan Rey

Sutradara Rian Jonhson membawa beberapa karakter baru dalam serial ke delapan dari saga film Star Wars ini, yakni Poe (Oscar Isaac), pilot pertahanan X-Wing yang pembangkang, Finn (John Boyega), seorang mantan prajurit Stroomtrooper First Order yang membelot, serta BB-8 dan Rose (Kelly Marie Tan).

Kehadiran mereka menjadi penyegar cerita yang terkadang bisa membuat penonton menyunggingkan senyum. Belum lagi tingkah konyol Luke, Leia dan para makhluk di dalam cerita.

Tak hanya itu, soal sisi terang dan gelap “The Last Jedi” juga membahas hubungan lanjutan Kylo dan Rey. Ada semacam penghubung yang memungkinkan mereka saling berkomunikasi walau terpisah ruang.

“Walaupun terpisah keyakinan dan memiliki tujuan yang bertentangan, Kylo dan Rey tidak jauh berbeda. Keduanya bersama-sama mengarungi perjalanan yang mengharuskan mereka melakukannya sendiri,” tutur Adam.

Berdurasi sekitar 2,5 jam, The Last Jedi, ditayangkan di bioskop tanah air mulai 13 Desember.

copyright © antara 2017