Starlet Kotak Si Imut Timeless

Starlet pernah menjadi andalan Toyota dalam segmen mobil perkotaan pada era tahun 1986 hingga awal 90’an. Hatchback empat pintu berkode EP70 ini punya julukan Starlet kotak (Starko). Sekarang Starko sudah masuk dalam golongan mobil hobi.

Walau 3 dekade telah berlalu, Starko tetap mendapat tempat di kalangan pehobi mobil, khususnya yang pernah muda di era ketenaran Starko. Tak hanya itu anak milenial pun mulai tersihir oleh pesona desain kotak si Starlet yang timeless. Sekarang mereka tanpa malu – malu berani mengendarai mobil imut tersebut.

Bahkan para selebritis pun mulai mengoleksinya, sebut saja Gading Martin dan Rico Ceper. Setidaknya kedua pesohor tanah air ini ikut memberikan andil naiknya pamor Starlet di jaman sekarang. Jadi jangan kaget kalau pasaran Starko bekas dalam kondisi prima dan punya nilai originalitas tinggi dapat menembus angka Rp50 juta lebih.

Ariekum, pehobi Starlet yang Mister MB temui mengatakan naiknya minat pehobi mobil memburu Starko masih dalam lingkup nostalgia dan ingin mencoba punya ‘mainan’ yang mudah perawatannya. Ia mengakui onderdil Starko masih mudah dijumpai, namun perlu diingat untuk beberapa kasus seperti komponen bodi, khususnya dalam kondisi baru mulai sulit dicari, sekalinya ada harganya mahal.

Sedangkan gaya modifikasi yang lagi digandrungi adalah restorasi. Proses pengembalian kondisi Starko seperti baru itu terkadang dibumbui penambahan aksesoris copotan Starko versi Turbo, JDM atau Eropa. Hasilnya dandanan Starko versi Indonesia makin terlihat berbeda.

Nah Starko sendiri  hadir sejak 1986 silam. Untuk versi EP70 dibekali mesin 1000 cc dan versi EP71 memakai mesin 1300 cc. Sedangkan cara membedakannya cukup melihat di dasbor, apakah ada petunjuk putaran mesin (RPM) atau tidak. Lainnya tidak terlalu banyak bedanya.

 

Baru di tahun 1989, Starko mengalami facelift di bagian wajah. Di model terakhirnya punya desain lampu lebih dinamis, termasuk grill dan bumper. Lalu di pintu bagasi juga punya perbedaan pada garnish plat nomornya. Untuk interior ada perbedaan pada desain pelapis joknya. Selebihnya masih sama dengan versi sebelumnya. Tenang, Mister MB akan kasih inspirasi melapis ulang interior Starko dengan MBtech, tunggu ya!

“Selamat berburu Starko ya…”