Subaru Kirim Center Wing Ke-1000 Untuk Boeing 787

Subaru ternyata tidak hanya memproduksi mobil, kini pabrikan yang terkenal dengan mesin boxernya itu dengan bangga telah mengirimkan 1.000 unit center wing untuk pesawat komersil Boeing 787 Dreamliner.

787 Dreamliner adalah pesawat jet komersil pertama di dunia yang mengaplikasi material karbon komposit di struktur rangka utama pada badannya. Subaru sendiri telah bergabung di proyek besar Boeing ini sejak awal pesawat yang diklaim efisien ini resmi dikembangkan dan Subaru juga bertanggung jawab untuk desain serta memproduksi karbon fiber komposit pada bagian center wing.

Center wing ciptaan Subaru itu juga terintergrasi dengan main landing gear wheel. Bagian sayap atau center wing itu melekat pada badan pesawat dan mengandung bahan bakar.

Pengiriman center wing produksi ke 1.000 unit ini terjadi sejak mulai diproduksi pertama kali pada 12 tahun dan 11 bulan silam. Atau tepatnya pada 10 Januari 2007 lalu unit pertamanya tiba di pabrik Boeing.

Pabrik yang berada di Handa, Jepang ini juga mengembangkan serta memproduksi center wing untuk pesawat Boeing 777 dan 777X. Tidak itu saja, sebuah pesawat P-1 yang bertugas sebagai pesawat patroli Angkatan Bersenjata Jepang juga diproduksi disini.