Sudut Mewah Istana Buckingham

Ada yang penasaran dengan rumah keluarga kerajaan Inggris, Istana Buckingham? Pasti ingin tahu seberapa mewah dan megahnya tempat tinggal Ratu Elizabeth. Yuk kita intip ruangan mewah seperti apa sih yang ada di istana legendaris ini.

Istana yang dibangun pada tahun 1703 ini memiliki jumlah kamar yang cukup banyak. Total ada 775 ruangan, termasuk di antaranya 188 kamar tidur para pekerja, 92 ruang kerja, 78 kamar mandi, 52 kamar tamu, dan 19 ruang publik. Nah ada salah satu ruang khusus yang digunakan Ratu Elizabeth untuk menjamu tamu-tamu pentingnya, yakni ruangan ‘1844 Room’.

Selain ruang tersebut, masih banyak lagi ruangan yang difungsikan untuk menjamu tamu kerajaan. Seperti The Throne Room yang memiliki desain interior kombinasi warna merah dan emas. Terdapat dua kursi tahta berwarna merah yang bernama Chairs of Estate. Kursi ini digunakan untuk upacara penobatan raja atau ratu Inggris yang baru.

Selanjutnya ada The White Drawing Room yang berfungsi sebagai ruangan berkumpulnya Ratu dan anggota kerajaan sebelum acara dimulai. Ruangan didominasi warna putih dan emas, nampak mewah dengan banyaknya perabotan berkelir emas.

Ada juga ruangan bernama The Ballroom, dulu ruangan ini digunakan sebagai ruangan dansa dan konser. Namun kini beralih fungsi untuk penobatan dan jamuan makan kerajaan.

Salah satu yang ikonik di Istana Buckingham adalah The Grand Staircase. Tangga ini menghubungkan pintu masuk istana dengan 19 State Rooms. Saat menaikinya, kita akan menemukan puluhan foto anggota keluarga kerajaan Ratu Victoria yang dipajang di bagian atas tangga. Mewahnya, pembatas tangga juga berkelir emas dengan tambahan karpet merah yang membentang.

Untuk ruang makan tidak kalah mewah. Selain The Ballroom, ada ruangan The State Dining Room dan The Chinese Dining Room yang bernuansa merah-emas pada desain interiornya. Kedua ruangan ini jumlah meja dan kursinya terbatas jadi lebih privat dibanding The Ballroom. ‘Mewah ya…’