SUV Listrik Nio EC6 Pesaing Tesla

Pabrikan mobil listrik asal Cina, Nio tak mau kalah dengan Tesla dan juga pabrikan mobil listrik Jepang dalam memproduksi mobil listrik. Secara keseluruhan, Nio telah memiliki beberapa mobil listrik diantaranya ES6 crossover, ES8 SUV berkapasitas 7 penumpang dan yang terbaru adalah EC6.

Nio EC6 merupakan SUV Crossover 5 penumpang yang dibekali dengan dua motor listrik magnet permanen. Mobil listrik ini dihadirkan dalam dua tipe yakni EC6 Sporty dan EC6 Performance.

EC6 Sporty dapat menghasilkan 419 hp dengan klaim akselerasi 0-100 kpj dalam 5,6 detik. Sedangkan EC6 Performance diklaim dapat menghasilkan 536 hp dan dapat melesat dari posisi diam ke 100 kpj dalam 4,7 detik. Terdapat dua pilihan baterai yang dapat dipilih, yakni baterai lithium-ion yang berkonfigurasi 70 kWh dengan daya jelajah mencapai 435 km dan 100 kWh dengan daya jelajah 605 km. Wow! Selain kencang, mobil listrik ini ternyata bisa dipakai jarak jauh juga ya.

Dari segi desain, Nio EC6 terbilang futuristik dan kekinian, dengan grille horizontal yang berbentuk persegi enam. Segaris dengan kap mesin terpasang lampu DRL (Daytime Running Light). Lalu lampu utama berada di bawahnya berbentuk bulat.

Selanjutnya, pada bagian atap dibuat tajam dan melandai ke buritan. Tampilan mewah turut disajikan berkat kaca depan yang besar dan bersudut rendah. Atapnya dilengkapi kaca yang luasnya 2,1 meter persegi, sehingga banyak cahaya masuk ke dalam kabin. Kaca itu juga disetel agar bisa menyaring panas matahari hingga 85 persen, 99,5 radiasi ultraviolet.

Keren ya, dan daya jelajah jauh lagi. Namun sayangnya sementara ini Nio masih fokus melayani pasar China saja.