Tahukah Anda Harga Mesin MotoGP

Bukan rahasia lagi bahwa kelas tertinggi balap motor yang ada di muka bumi saat ini dipegang oleh MotoGP. Luar biasanya biaya yang dihabiskan untuk kelas ini cukup tinggi, tahu kah Anda berapa biayanya?

Harga mesin motor di kelas MotoGP satu unitnya berkisar 200 000 – 250 000 euro atau Rp 3,2 – 4 miliar. Mengacu kepada aturan penyelenggara balap MotoGP, Dorna, setiap tim hanya diberikan jatah 7 mesin untuk satu tahun. Nah coba kalikan harganya, 7 x Rp 4 miliar = Rp 28 Miliar. Itulah dana yang dihabiskan oleh tim MotoGP kelas atas. ‘Kalau satu tim punya 2 pembalap?’ silahkan dihitung biayanya…

Hitung-hitungan diatas berbeda jumlahnya, tim satelit di MotoGP bisa menyewa motor balap utuh dengan biaya mulai  2 juta euro per musim atau sekitar Rp 32 miliar. Wow! Harga ini berlaku untuk 2 motor balap diluar biaya suku cadang. Nah untuk tim pabrikan sendiri menyiapkan anggaran sebesar 3 juta euro atau Rp 48 miliar. Luar biasa!

Nah sekarang paham dong kenapa pembalap MotoGP dituntut tidak sembarangan membesut tunggangannya, karena sekalinya mesin itu jebol maka biaya perbaikannya cukup tinggi. Tak hanya itu, jatah mesin untuk sisa seri balap selama satu musim ikut berkurang.