Posted on by AB

Tahukah Noda ini Tidak Hilang di Bahan PVC

Aplikasi bahan PVC untuk melapis interior kendaraan maupun sofa di jaman sekarang sudah lazim dijumpai. Tetapi tahukah kamu perawatan bahan PVC itu tidak boleh asal – asalan. Khususnya pada noda tinta yang jatuh di atas permukaan bahan PVC, noda tersebut harus segera dibersihkan agar tidak meninggalkan bekas terlalu lama.

Tetapi perlu diingat, noda tinta tersebut tidak akan hilang 100%! Berikut penjelasan dari Mister MB:


  • Tinta Ballpoint


Dikarenakan bahan baku tinta ballpoint yang meresap (migrate) pada bahan PVC, sehingga menimbulkan noda permanen pada bahan PVC yang terkena. Semakin lama dibiarkan, maka tinta ballpoint pada bahan PVC akan semakin meresap dan semakin nyata meninggalkan nodanya. Sebaiknya setelah terkena ballpoint harus segera dibersihkan sebelum nodanya migrate. Sehingga bisa mengurangi noda yang membekas.

Cara pembersihannya bisa dilakukan dengan larutan  cairan pembersih Isopropyl Alcohol (IPA) dengan kadar 70%.


  • Tinta Spidol (Permanent Ink Maker)


Dikarenakan tinta spidol permanen mengandung solvent, maka bila sudah melekat pada bahan PVC nodanya akan sulit dihilangkan.

  • Cairan yang mengandung solvent/thinner


Cairan yang mengandung solvent/thinner dapat merusak lapisan pelindung bahan PVC (Surface Coating), sehingga akan mengakibatkan:

  • Warna akan dapat memudar pada bagian yang terkena tersebut.

  • Bagian bahan PVC yang terkena tersebut akan dapat rusak/retak karena mongering, karena hilangnya lapisan pelindung pada permukaan bahan


Nah demikian informasi yang bisa Mister MB bagikan, semoga bermanfaat dalam menjaga serta merawat kebersihan bahan PVC yang digunakan.

Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store