Temuan Alaina Pecahkan Masalah Blind Spot di Mobil

Berdasarkan kejadian yang sering dialami oleh ibunya ketika berkendara, seorang siswa kelas 8 – Alaina Gassler (14 tahun) berhasil menemukan solusi gangguan pandangan atau blind spot yang disebabkan keberadaan pilar A di mobil. Padahal dari segi keamanan, keberadaan pilar A sangat penting jika terjadi tabrakan atau benturan dari depan mobil, sehingga tidak mungkin dihilangkan begitu saja.

Alaina siswa asal Pennsylvania, AS berhasil mengatasi atau menghilangkan masalah yang timbul karena keberadaan titik buta pada pilar A, melalui proyek yang ia namakan ‘Improving Automobile Safety by Removing Blind Spots’. Untuk proyek tersebut Alaina memanfaatkan teknologi kamera yang disematkan di bagian pilar.

Selain menggunakan kamera kecil, pada proyek ini Alaina juga menggunakan proyektor dan material reflektif sehingga kamera dapat menampilkan video kondisi di sekitar mobil ke proyektor yang terpasang di atas kursi pengemudi. Gambar tersebut kemudian dipantulkan ke pilar A yang sebelumnya telah dibungkus dengan kain reflektif.

Atas capaian yang dilakukannya, Alaina berhasil mendapatkan penghargaan ketika mengikuti Kompetisi Broadcom Masters untuk siswa sekolah menengah di Washington, AS dan berhak menerima hadiah senilai $ 25.000 dolar AS  atau Rp 350 juta.

Source : Gizmodo