Tencent Akan Bangun ‘Net City’ Kota Bebas Kendaraan

Perusahaan teknologi raksasa asal China, Tencent baru saja mengungkap rencananya untuk membangun sebuah kota masa depan yang secara keseluruhan bebas kendaraan bermotor. Kota tersebut nantinya akan berukuran kota Monako dan dibangun di kota metropolitan China, yaitu Shenzen.

Menurut desainernya, kota yang dinamakan Net City ini akan dibangun di atas lahan seluas 22 juta meter persegi dan akan dibangun menjadi kawasan urban development yang memprioritaskan pedestrian pejalan kaki, ruang terbuka hijau dan self-driving car. Lahan hasil reklamasi yang berlokasi di muara Sungai Pearl ini dirancang untuk populasi penduduk sebanyak 80.000 orang.

Kota ini nantinya akan menyediakan tempat tinggal, pusat perkantoran dan bisnis, toko ritel, sekolah dan fasilitas publik lainnya. Selain itu kota ini akan terhubung dengan seluruh wilayah kota Shenzen yang bisa diakses melalui jalan jembatan, kapal feri dan sistem kereta bawah tanah. Dengan demikian walau terkesan tertutup, tapi masih bisa dijangkau dari manapun.

Dibangunnya kota ini bertujuan untuk menyediakan tempat yang memiliki inovasi besar untuk berkembang. Salah satunya adalah mengurangi penggunaan mobil dan lebih fokus kepada orang. Pembangunan Tencent Net City rencananya akan memakan waktu tujuh tahun dengan konstruksi awal akan dimulai akhir tahun ini.

Source : CNN