Terbang Aman Di Era Pandemi Covid-19

Melakukan perjalanan udara di kondisi sekarang ini pastinya berbeda dibandingkan masa–masa normal kemarin. Pandemi Covid-19 yang belum berakhir memaksa kita untuk patuh terhadap protokol kesehatan Covid-19 yang disyaratkan oleh instansi terkait untuk berpergian dengan pesawat udara.

Berikut adalah protokol perjalanan udara yang diterapkan di perjalanan dalam negeri.

  1. Siapkan dokumen yang disyaratkan seperti identitas diri (KTP, SIM atau tanda pengenal sah lainnya).
  2. Menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif yang berlaku 7 hari atau surat keterangan uji Rapid-Test dengan hasil non reaktif yang berlaku 3 hari pada saat keberangkatan. Anda bisa melakukan tes mandiri di KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) yang ada di bandara atau di Rumah Sakit rujukan.
  3. Menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influensa (influenza-like-illness) bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas test PCR atau Rapid-Test.
  4. Pastinya harus memilki tiket perjalanan sesuai identitas diri yang berpergian.
  5. Mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi pada perangkat telepon seluler. Setelah tiba di bandara tujuan, Anda wajib mengisi formulir yang disediakan dan setelah proses input data terlengkapi maka akan memperoleh barcode. Barcode itu wajib di scan saat keluar Bandara.

Jangan lupa di dalam pesawat lokasi duduk penumpang diberikan jeda antar penumpang di satu deretnya. Hal ini sesuai protokol kesehatan dan beberapa penerbangan masih ada yang menawarkan pelayanan food & beverage kepada penumpang.

Terakhir adalah penumpang harus tetap memakai masker selama di lingkungan bandara dan di dalam pesawat. Menjaga kesehatan mandiri seperti membawa hand sanitizer maupun masker cadangan.

‘Selamat terbang kembali dan tetap jaga kesehatan ya…’
Sumber foto : Photo by cypr24 on Unsplash, Angkasa Pura.com