Tertawa Efektif Kurangi Rasa Cemas

Di tengah penyebaran wabah dengan terus bertambahnya pengidap virus corona, akan membuat semua orang merasa panik dan cemas. Padahal tanpa disadari hal tersebut justru akan menimbulkan stres dan depresi. Terutama bagi orang atau pekerja yang sudah melakukan isolasi diri atau telah melakukan aktifitas dari rumah hingga berhari-hari.

Tentu jika hal ini dibiarkan berkepanjangan akan mengganggu kesehatan dan bisa menurunkan daya tahan tubuh, yang bisa memicu terjangkitnya penyakit lain bahkan virus tersebut. Sehingga diperlukan penanganan tepat untuk mengurangi rasa panik tersebut. Cara paling mudah dan bisa dilakukan saat berada di rumah saat ini adalah dengan tertawa.

Walau dirasa aneh, tapi sebenarnya baik tertawa atau berbagi lelucon cara efektif untuk meredakan cemas dan stres. Tertawa diyakini dapat membantu otak untuk lebih rileks, karena saat tertawa tubuh akan mengeluarkan hormon yang menenangkan dan akan menimbulkan rasa bahagia.

Sedangkan secara fisiologis saat tertawa otot-otot di seluruh wajah dan tubuh akan meregang, disusul naiknya denyut nadi, tekanan darah dan napas yang lebih cepat. Hal ini akan membuat tubuh mengirimkan oksigen lebih banyak ke seluruh jaringan.

Dengan begitu kualitas hidup dan kesehatan mental juga fisik akan lebih baik. Maka diperlukan untuk terus menyebarkan sikap positif dan saling memberikan dukungan baik kepada keluarga dan juga orang terdekat.