Terus Memperluas Usaha Pelapisan Jok

Sudah memulai usaha pelapisan jok sejak tahun 2005, nama Pandu Jok kini semakin dikenal oleh pelaku bisnis dan juga pecinta otomotif di wilayah Bogor dan sekitarnya. Hal ini disebabkan karena dalam setiap pelayanan, Pandu Jok selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dalam setiap order pelapisan jok yang dibuatnya.

“Awalnya ketika sampai di Jakarta, saya sempat kerja serabutan,” tukas Pandu yang berasal dari Ngawi. “Sempat juga pernah kerja di Bekasi dan akhirnya saya ikut dengan orang untuk kerja di Kemayoran dalam bidang pelapisan jok dan interior,” tambahnya. Sampai akhirnya setelah dirinya mampu dan dengan bermodal nekat, Pandu memutuskan untuk memulai usaha sendiri.

“Akhirnya saya coba buka usaha pelapisan jok di daerah Bogor,” kenang Pandu yang setiap belanja bahan harus bolak balik ke Jakarta. Dan setelah jalan 7 tahun, Pandu yang kini ditemani oleh 9 orang karyawannya menerima pengerjaan jok mobil sebanyak 3 sampai 4 unit setiap harinya. Dan kebetulan rata-rata permintan menggunakan bahan sintetis MBtech, baik yang datang dari pelanggan lama maupun pelanggan baru.

“Kebetulan karena belum terlalu aktif di media sosial, sampai saat ini sistem pemasaran kami masih menggunakan metode dari mulut ke mulut. Bahkan hampir sebagian adalah pelanggan setia kami, yang sudah beberapa kali mengerjakan interior mobilnya di sini,” ucap Pandu yang juga menjalin kerjasama dengan sejumlah dealer mobil di seputar wilayah Bogor.

Usahanya semakin besar dan terus membuahkan hasil. Hal tersebut dibuktikan dengan dirinya yang kini tengah merintis cabang baru dan bidang usaha lain dalam bisnis serupa, yakni pelapisan sofa dan kursi rumah. Tentu hal ini disuport oleh keluarga dan juga karyawan Pandu Jok, bahkan dirinya tidak sungkan-sungkan untuk memberikan tips perawatan jok kepada setiap pelanggan yang datang ke workshopnya di Jl. Raya Pemda No. 12, Kedung Halang, Cibinong – Bogor.