Tesla Murah Siap Produksi Tahun Depan?

Tesla dikabarkan akan membuat mobil listrik dengan harga terjangkau, yakni dengan harga USD 25.000, atau setara Rp 353,5 juta. Menurut rumor yang beredar, Tesla akan memproduksi mobil tersebut di pabrik Tesla yang berada di Shanghai dan melakukan pengiriman massal mungkin paling cepat pada tahun 2022.

Nah seperti yang kita tahu, mobil bertenaga listrik saat ini memiliki harga selangit. Namun nampaknya Tesla akan mematahkan hal itu, karena perusahaan asal Amerika Serikat tersebut memiliki teknologi sel baterai baru 4680 yang menggantikan model 2170.

Tesla 4680 memiliki struktur dan kandungan yang berbeda dengan sebelumnya, seperti mengurangi kandungan kobalt pada katoda, menggantikannya dengan kadar nikel tinggi. Melalui pengembangan baru, baterai 4680 ini diklaim bisa mereduksi biaya produksi sampai 56 persen per kWh.

Mengutip The drive.com perubahan desain sel baru dapat menghemat 14 persen, lalu perubahan manufaktur menghemat 18 persen, perubahan material anoda hemat 5 persen, perubahan material katoda hemat 12 persen dan perubahan integrasi sel baterai pada kendaraan hemat 7 persen.

Selain ukuran, baterai baru Tesla ini punya kapasitas 6 kali lebih besar dari sebelumnya, dan lebih banyak 5 kali lipat menampung energi. Bahkan dengan kapasitas yang sama, baterai baru mampu menambah jarak 16 persen lebih jauh.

Leave a Comment