Tim voli pantai Indonesia rebut medali perunggu World Beach Games

Kontingen Indonesia akhirnya mencatatkan nama mereka dalam daftar perolehan medali World Beach Games 2019 di Doha, Qatar, setelah tim bola voli pantai 4×4 merebut medali perunggu dengan mengalahkan tim Polandia pada pertandingan perebutan medali perunggu.

Bertanding di Katara Beach Doha, Qatar, Rabu, Tio Kusuma Sentosa dan kawan-kawan mampu menyelesaikan pertandingan yang cukup ketat tersebut dengan skor 2-1 (21-13, 20-21,15-11).

“Akhirnya kami bisa mempersembahkan medali perunggu untuk Kontingen Indonesia di Wolrd Beach Games Doha, Qatar. Dan, saya sangat bangga bisa sukses untuk pertama kalinya memperkuat tim voli Indonesia di ajang event dunia,” kata Tio Kusuma Sentosa dalam keterangan resminya.

Anak asuh Slamet Mulyanto dan Bambang Eko Suhartawan memang cukup percaya diri sejak awal pertandingan. Meski tetap mendapatkan perlawanan dari Polandia, tim Indonesia mampu mengakhiri set pertama dengan skor 21-13.

Mampu unggul mudah di set pertama ternyata membuat tim Indonesia lengah di set kedua. Perlawanan yang dilakukan Rendy Verdian Licardo dan kawan-kawan mampu diimbangi Polandia dan akhirnya harus menyerah 20-21.

Tak ingin pulang dengan tangan hampa, tim Indonesia mencoba bangkit di set penentuan. Tekanan demi tekanan terus dilakukan meski lawan juga melakukan hal yang sama. Akhirnya tim Indonesia mampu mengakhiri pertandingan dengan skor 15-11.

“Saya senang dan bangga dengan perjuangan keras anak-anak yang telah membuahkan hasil medali perunggu. Sebenarnya, mereka bisa mengalahkan Polandia dalam dua set tetapi beban mental membuat laga semakin panjang,” kata pelatih tim voli pantai Indonesia, Bambang Eko Suhartawan.

Sementara itu, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, Hellen Sarita de Lima mengaku sangat mengapresiasi pencapaian tim voli pantai Indonesia pada kejuaraan yang baru pertama kali digelar itu.

“Tim voli pantai Indonesia telah mencatat sejarah dengan menyumbangkan medali perunggu pada World Beach Games 2019. Ini prestasi luar biasa di tengah persaingan ketat di mana tim-tim dunia tampil. Salut buat perjuangan Tio dan kawan-kawan yang pantang menyerah’,” katanya.

copyright © antara 2019