Tips Aman Berkendara Saat Hujan

Tidak terasa kita sudah berada di penghujung tahun. Jelang akhir tahun kita akan memasuki musim penghujan yang sewaktu-waktu diwarnai dengan intensitas hujan cukup deras. Hal ini tentu akan merepotkan sebagian masyarakat yang menggantungkan aktivitas sehari-hari menggunakan kendaraan roda dua seperti motor.

Berdasarkan pengalaman guyuran hujan deras dapat mengakibatkan genangan air tinggi dalam waktu singkat, sehingga bisa membahayakan pengendara. Saat hujan ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tetap aman dan sampai di tujuan dengan selamat. Berikut beberapa hal yang bisa dipersiapkan sebelum berkendara kala hujan.

Pertama pastikan motor dalam kondisi prima. Selain mesin, cek juga sistem rem dan kondisi ban. Cek juga tekanan angin ban agar tidak terlalu tinggi, supaya ban bisa mencengkram permukaan jalan dengan baik. Karena umumnya jalanan menjadi licin saat hujan. Dan waktu terbaik untuk mengecek tekanan angin ban adalah pagi hari saat kondisi ban masih dingin.

Lalu agar tetap nyaman sampai tujuan, pastikan tubuh tertutup jas hujan dengan kualitas baik. Sebaiknya pilih model single karena memungkinkan kita masih bisa mengendalikan motor dengan baik. Bukan model ponco atau tandem yang justru bisa mengakibatkan kecelakaan karena tersangkut motor atau kejadian yang tak diinginkan lainnya.

Seperti telah disebutkan, saat hujan biasanya jalanan akan licin bahkan mengakibatkan genangan. Maka dianjurkan untuk mengatur kecepatan ideal dan menjaga jarak dengan kendaraan lain di depan. Selalu waspada dengan kondisi sekitar, seperti adanya lubang, jalan rusak atau pengendara di depan mengerem mendadak.

Saat hujan biasanya jarak pandang akan terbatas karena terhalang rintik hujan, cuaca mendung dan cenderung gelap. Apalagi ketika malam hari. Untuk itu kondisi lampu harus selalu menyala dan dapat menyorot jalan dengan jelas. Pastikan juga Anda dapat terlihat jelas oleh pengendara lain.

Namun jika hujan terlalu lebat dan mengganggu jarak pandang tak ada salahnya untuk menepi. Karena berkendara saat hujan memerlukan konsentrasi tinggi. Berteduh sejenak, menghangatkan tubuh dan menenangkan hati bisa mengembalikan kewaspadaan. Setelah reda dan cuaca memungkinkan untuk berkendara, baru lanjutkan kembali perjalanan.