Tips Mencegah Terkena Virus Saat Berkendara


Setidaknya saat ini sudah lebih dari 190 negara di dunia yang terpapar pandemi Covid-19. Sebagian negara bahkan sudah menerapkan aturan lockdown bagi warganya. Ada juga yang membatasi interaksi warga dengan melakukan physical distancing dan gerakan #dirumahaja. Namun nyatanya masih banyak yang melanggar dan beraktivitas rutin seperti biasa.

Nah bagi MBtech Lovers yang “terpaksa” masih melakukan aktivitas berkendara, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan.

1. Pastikan kabin kendaraan selalu dalam kondisi bersih untuk meminimalisir bakteri dan kuman di dalam mobil. Ini dapat dilakukan dengan menyemprotkan cairan pembersih interior yang bisa didapat di sejumlah toko aksesoris mobil atau melalui pemesanan di toko online.

Bisa juga dengan melakukan sistem penguapan atau fogging. Karena berbentuk uap cara ini tergolong efektif karena bisa menjangkau area dalam mobil yang tidak bisa terjangkau oleh tangan. Seperti bagian belakang dasbor dan juga kisi-kisi dalam AC. Pengerjaannya pun terbilang singkat dan cepat.

2. Sebelum dan sesudah menyetir pastikan tangan selalu dalam kondisi bersih dengan melakukan cuci tangan. Hal ini disebabkan tangan menjadi bagian yang bersentuhan dan menjadi media perantara perpindahan kuman dan juga virus. Kurangi tangan untuk menyentuh bagian muka dan mulut. Sehingga tidak ada salahnya untuk selalu membawa atau mengenakan masker. Hal ini berguna untuk mengurangi perpindahan virus jika di dalam mobil ada yang demam, bersin dan batuk.

3. Selain membawa masker, benda lain yang juga harus selalu ada di dalam mobil saat ini adalah hand sanitizer. Penggunaannya terbilang praktis untuk membersihkan dan membasmi kuman, cukup dengan hanya menyemprotkannya ke telapak tangan. Untuk ini bisa dipilih hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol 70%.

4. Seperti yang diketahui bersama, virus Covid-19 kebanyakan menyerang orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, terutama orang tua dan juga anak-anak. Sehingga pastikan kondisi tubuh selalu dalam keadaan bugar. Caranya dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup dan selalu minum multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

Jika cuaca sedang bagus, tak ada salahnya berjemur di pagi dan sore hari setidaknya 30 menit lamanya setiap hari.