Tips Sehat Berkendara Pada Masa New Normal

Pada masa transisi new normal sejumlah aktivitas telah dilakukan kembali. Hal ini untuk menggerakkan kembali roda ekonomi di tanah air. Tentu akan ada sejumlah penyesuaian yang perlu dipersiapkan sehingga kita terbiasa dengan himbauan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah di masing-masing wilayah atau kantor.

Sejumlah persiapan perlu dilakukan agar terhindar dari infeksi Covid-19 juga penyakit lainnya sebelum berkendara pada era new normal ini. Yang pertama ada baiknya cek suhu tubuh untuk memastikan kondisi badan sehat atau tidak.

Suhu di bawah 37,3 derajat celcius menjadi batasan mengetahui kondisi badan fit atau tidak. Jika di atas suhu itu sebaiknya urungkan niat untuk beraktivitas di luar rumah. Tentu selama anjuran PSBB atau melakukan WFH, motor jadi jarang digunakan. Pastikan kembali motor dalam keadaan prima, mulai dari kebocoran oli, kondisi dan tekanan ban, sistem pengereman dan kopling serta lampu harus befungsi dengan baik.

Pastikan juga kelengkapan berkendara sudah komplit, seperti helm, sarung tangan dan jaket sesuai dengan keperluan. Siapkan juga masker cadangan untuk antisipasi jika masker kotor. Dengan begitu ketika sampai tujuan, masker yang dikenakan tetap sehat dan nyaman. Dan ketika tiba di tujuan atau kantor, setelah buka sarung tangan selalu terapkan cuci tangan hingga bersih.

Sementara saat di jalan, selain mengutamakan keselamatan dengan menjaga batas kecepatan, jaga juga jarak berkendara dengan pengendara lainnya. Usahakan berboncengan hanya dengan keluarga atau yang tinggal bersama dalam satu rumah. Pilih jalur yang bebas dari zona merah atau mencari jalur aman alternatif lainnya.

Begitu pula ketika pulang ke rumah, segera buka perlengkapan berkendara dan simpan di tempat khusus atau simpan dalam bagasi motor. Segera mandi sebelum bertemu keluarga atau melakukan aktivitas lain. Tentu dengan sejumlah penyesuaian dan menjalankan protokol kesehatan yang ditentukan, kita bisa selalu sehat, sekaligus melindungi keluarga di rumah.

Source : Astra Honda