Toyota Kembangkan Fuel Cell Untuk Kapal Laut

Kapal catamaran racing masa depan rancangan Energy Observer yang digerakkan oleh hydrogen tersebut telah dibuktikan ketangguhannya dalam ekspedisi pelayaran dunia selama 6 tahun terakhir. Kini kapal layar itu mendapat dukungan dari pabrikan mobil Toyota dalam bentuk kerjasama pengembangan aplikasi penggerak bertenaga fuel cell.

Berbekal pengalaman dalam memproduksi mesin fuel cell pada Toyota Mirai, kini mesin baru pada cataraman racing Energy Observer itu diadaptasi dari sedan Mirai. Namun Toyota memodifikasi ulang dan menjadikannya proyek perdana di dunia maritim.

Berkat teknologi fuel cell maritim yang diproduksi dan dikembangkan oleh Toyota Technical Center Eropa selama tujuh bulan itu, kapal layar berbentuk unik ini mempunyai sebuah modul fuel cell berukuran kompak yang dapat ditempatkan pada bodi kapal.

Cataraman Racing ini yang punya dimensi 31 x 13 x 12,84 meter serta bobot 34 ton ini akan memulai tur keliling dunia di Februari ini dengan mengambil start di pelabuhan Saint – Malo, Prancis dengan rute pelayaran lintas samudra atlantik dan pasifik. Kapal bermesin fuel cell dari Toyota ini akan membawa 8 orang yang tergabung dalam misi khusus ini.