Toyota Perkenalkan Kapal Pertama Bertenaga Hidrogen

Saat ini banyak produsen kendaraan yang sedang melakukan riset pada sumber energi hydrogen, yang tidak hanya akan digunakan pada mobil penumpang saja. Mercedes misalnya, baru-baru ini memperkenalkan Sprinter, prototype kendaraan yang menggunakan sinar matahari. Dan sekarang Toyota ikut mengungkapkan sesuatu yang tak kalah menariknya, yaitu sebuah kapal yang menggunakan sumber tenaga menggunakan hidrogen atau air; elemen paling ringan di tabel periodik senyawa kimia.

Kapal yang diberi nama Energy Observer menjadi kapal pertama yang menggunakan tenaga hydrogen serta memiliki dimensi, yaitu panjang 30 meter, lebar 12 meter dengan berat hingga mencapai 28 ton. Energy Observer diluncurkan di Prancis pada tahun lalu untuk menguji propulsi sumber terbarukan yang rencananya akan berlangsung selama 6 tahun.

Mendapatkan dukungan dari Toyota Motor Eropa, proyek ini bertujuan untuk menyelesaikan pelayaran mengelilingi dunia pertama menggunakan sumber tenaga hydrogen. Saat ini kapal berada di Mediterania dan akan menuju ke Eropa Utara pada tahun depan dan akan berlabuh di Tokyo pada waktunya untuk Olimiade 2020.

Sebagai informasi, Toyota menjadi salah satu dari beberapa produsen mobil yang bereksperimen mengembangkan tenaga hydrogen air. Untuk melanjutkan keberhasilan teknologi yang memanfaatkan fuel cell pada Toyota Mirai, serta diimplementasikan juga pada bus, truk hingga forklift yang menggunakan sumber daya terbarukan.

Source : Carscoops