Toyota TJ Bisa Masuk Indonesia, Tapi…

Toyota TJ Cruiser yang dipamerkan di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2017 bukan tidak mungkin dipasarkan di Indonesia.

“Toyota TJ Cruiser bisa aja dibawa (dipasarkan) di Indonesia,” kata Eksekutif GM PT Toyota Astra Motor (TAM) F Soerjopranoto, di sela-sela kunjungan kerja ke TMS 2017 di Tokyo Big Sight, Jepang,

Apalagi, kata dia, pengalaman TAM selama ini FJ Cruiser (model terdahulu yang sudah tidak diproduksi) pun bisa masuk dan cukup banyak pembeli di Indonesia.

“Bila konsumen menginginkannya (TJ Cruiser), sebagai distributor kami bisa impor. Tidak ada masalah,” ujar Suryo sapaan F Soerjopranoto.

Toyota TJ Cruiser merupakan produk teranyar Toyota yang siap dipasarkan dengan membidik kalangan pria muda yang aktif dan banyak melakukan kegiatan di luar ruang, serta menginginkan model kendaraan yang tidak lekang oleh waktu.

 

“Mereka membutuhkan kabin dan bagasi yang luas serta ketangguhan mobil di jalan yang rusak,” kata Business & Operasion Planning Division Toyota Motor Corporation (TMC) Mai Takeuci pada penjelasan tentang produk crossover terbaru itu.

Dengan konsep memadukan ketangguhan SUV (Sport Utility Vehicle) dan daya angkut sebanyak MPV (Multipurpose Vehicle) atau van, TJ Cruiser diyakini bakal merebut perhatian pecinta crossover di dunia.

Apalagi bentuknya agak unik dengan desain kotak yang terinspirasi dari kotak peralatan (toolbox), TJ Cruiser memberi kesan tangguh dan memiliki ruang yang luas.

“TJ Cruiser merupakan produk global Toyota yang tidak hanya dipasarkan di Jepang, Amerika Utara, Eropa, dan China, tapi juga negara lain,” kata Takeuci.

Ia mengatakan di Jepang sendiri permintaan SUV dalam tujuh tahun terakhir meningkat signifikan. Pada 2017 pasar SUV di negara itu diproyeksikan tembus 700 ribu unit, tumbuh dari tahun sebelumnya.

Mobil yang tampak tangguh itu memiliki mesin 2.000 cc yang dipadu dengan teknologi hibrid khas Toyota.

“Bahan material eksterior dibuat khusus agar tidak mudah baret,” katanya.

Dengan panjang 4,3 meter dan lebar 1,775 meter dengan tinggi 1,62 meter, mobil berkapasitas empat orang itu terlihat bongsor nan kokoh.
copyright © antara 2017